IARMI, Kodim 0312/Padang dan Komunitas Sungai Gelar Bakti Sosial Bersih-bersih Pantai

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik kegiatan Bakti Sosial dengan cara bersih-bersih Pantai Padang yang diselenggarakan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) bersama Kodim 0312 Padang dan Komunitas Sungai dan Pantai Sumbar. Sebelum bersih pantai, dilakukan penanaman pohon di tepi danau Cimpago.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Padang diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Periklanan Kota Padang Guswardi, usai mengikuti kegiatan tersebut, Minggu pagi (20/10/2019). Bakti sosial dihadiri langsung oleh Komandan Kodim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXVI Dim 0312 Koorcab Rem 032 PD I/Bukit Barisan Ny. Nova Mahanes Yudha , Kabid Pertanaman dan Pemeliharaan Lingkungan DLH Aprialdi Masbiran, Camat Padang Barat Eri Sanjaya, Perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) dan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Barat, Menwa Perguruan Tinggi se Sumbar dan stakeholder terkait.

Yosmeri menambahkan, untuk menjaga kebersihan, Pemerintah Kota Padang telah mengeluarkan Perda Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Dalam Perda tersebut dijelaskan, Jika kedapatan masyarakat membuang sampah tidak sesuai aturan, maka di denda Rp. 5 juta dan  kurungan tiga bulan penjara. "Untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Padang, agar tidak membuang sampah sembarang sehingga kebersihan di kota ini akan selalu terjaga," ujarnya. 

Lebih jauh dijelaskan, menjaga kebesihan pantai merupakan salah satu tugas Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Padang. Dengan menjaga kebersihan pantai akan menyelamatkan biota laut. " Selama ini kita dengar, jika nelayan menjaring ikan dilaut, kebanyakan menemukan sampah. Maka, melalui bakti sosial dapat mengurangi sampah  sehinga biota laut akan terjaga," jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha memberikan apresiasi kegiatan positif yang dilakukan IARMI dan Komunitas  Peduli Sungai dan Pantai Sumbar tersebut. "Kami anggota TNI Kodim 0312 Padang sifatnya hanya memperkuat dan mendorong supaya komunitas-kumunitas ini memiliki peran yang aktif  didalam masyarakat terutama menjaga kebersihan pantai," ungkapnya.

Ia menambahkan, Kota Padang memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Hamparan pantai dan perbukitan menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan. Tak ayal kota yang terletak di pantai Barat Pulau Sumatera itu diminati oleh wisatawan, baik daerah maupun mancanegara. 

“Saya sudah keliling Indonesia. Baru Kali ini saya melihat, bahwa pantai yang paling menarik untuk dikunjungi adalah Kota Padang. Maka dari itu kita berharap kepada seluruh elemen dan lapisan masyarakat untuk sama-sama menjaga kebersihan disepanjang pantai padang,” harapnya. (Mul)