Sukses di Tahun 2018, Pemko Payakumbuh Kembali Helat Festival Silek Tradisonal II

IMPIANNEWS.COM.

Payakumbuh, --- Setelah sukses menggelar Festival Silek Tradisi I, Pemko Payakumbuh ditanggungjawabi oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga kembali menggelar Fesitival Silek Tradisi II di Tahun 2019, ini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Payakumbuh, Elfriza Zaharman didampingi Sekretaris, Roza Aulia dan Ketua Panitia Festival Payakumbuh Alek Silek Tradisi II / 2019, Rothman S Dt Paduko Basa Pandeka Sago menerangkan Festival ini berlangsung Senin – Rabu (27 hingga 29 Agustus 2019).

Dalam konferensi pers, yang digelar di Ngalau de Rest seputaran pelataran parkir obkek wisata Ngalau Indah, Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kamis (22/8/2019) disebutkan bahwa, Festival Alek Silek Tradisi yang digelar untuk kedua kalinya ini berbeda dengan Festival Silek yang pernah digelar sebelumnya.

“Festival Payakumbuh Alek Silek Tradisi II yang akan digelar pada tanggal 26 hingga 28 Agustus 2019 ini adalah Festival Alek Silek Tradisi yang akan diikuti 120 orang pandeka - pandeka silek dari Malaysia, dan sejumlah perguruan silek tradisi yang ada di Sumatera Barat ” ungkap Elfriza Zaharman.

Dikatakan oleh Kadis yang murah senyum ini, Festival Payakumbuh Alek Silek Tradisi ini bertujuan untuk memperkenalkan seni budaya masyarakat Minangkabau ke dunia luar. Festival Payakumbuh Alek Silek II ini akan digelar di gelanggang Medan Nan Bapaneh, Ngalau Indah, Kota Payakumbuh.
Diungkapkan oleh Elfriza Zaharman dan Rothman S Dt Paduko Basa Pandeka Sago.

Bahwa selain Festival Payakumbuh Alek Silek Tradisi II, juga akan digelar pemutaran film dokumenter dunia persilatan tradisi Minangkabau. Disamping itu akan diadakan diskusi dengan tuo-tuo silek tradisi dan hiburan rakyat saluang dan musik tradisi.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Payakumbuh Alek Silek Tradisi II, Rothman S Dt Paduko Basa Pandeka Sago mengungkapkan, peserta luar negeri dari Malaysia sebanyak 5 orang pesilat akan menampilkan kemampuan keindahan gerak dan seni bela diri silek tradisi ada ajang eksebisi.

“Sedikitnya 5 pesilat asal negeri Jiran Malaysia itu sudah menyatakan keikutsertaan dalam Festival Payakumbuh Alek Silek Tradisi II ini.” pungkas Rothman S Dt Paduko Basa Pandeka Sago.(rel/ul)

Post a Comment

0 Comments