Roket besar Falcon Heavy Elon Musk diluncurkan

IMPIANNEWS.COM (Amerika Serikat).

Elon Musk akan mencoba menerbangkan roket paling kuat di dunia nanti dengan mobil sportnya sendiri di atas.

Peluncur Falcon Heavy wirausaha AS dirancang untuk memiliki kapasitas pengangkatan dua kali lipat dari kendaraan lain.

Tapi karena tingkat kegagalan penerbangan perdana yang tinggi, hanya muatan boneka yang berisiko.

Mr Musk telah memutuskan ini harus menjadi roadster Tesla merah ceri lamanya dengan manekin yang sesuai dengan kebutuhan yang diikat di kursi pengemudi.

Serial klasik David Bowie's Class Oddity akan mengulang radio saat mobil dilemparkan ke orbit elips yang membentang ke orbit Mars mengelilingi Matahari.

"[Roadster akan] berjarak sekitar 400 juta km dari Bumi, dan akan menempuh jarak 11km / s," katanya kepada wartawan dalam sebuah briefing pada hari Senin. "Kami memperkirakan akan berada di orbit itu selama beberapa ratus juta tahun, mungkin lebih dari satu miliar tahun."

Tiga kamera yang terpasang pada mobil akan memberikan "pemandangan epik", tambah Mr Musk.

Ribuan penonton diperkirakan turun di Florida's Space Coast untuk menyaksikan pendakian tersebut, yang bisa terjadi pada pukul 13:30 EST (18:30 GMT).

Perusahaan roket Mr Musk, SpaceX, telah memberikan waktu tiga jam untuk membawa kendaraan tersebut pada hari Selasa. Jika masalah teknis menyebabkan penundaan, upaya kedua akan dilakukan pada hari Rabu.

Falcon Heavy pada dasarnya adalah tiga dari kendaraan Falco 9 pekerja SpaceX yang terikat bersama-sama. Namun konfigurasi triple-booster telah menuntut sejumlah perubahan spesifik, termasuk penguatan penguat inti pusat.

Mesin merlin 27 di dasar roket harus mampu menghasilkan hampir 23.000 kilontonton dorong - sedikit lebih dari dua kali lipat dari roket paling kuat di dunia saat ini, Delta IV Heavy, yang dioperasikan oleh pesaing United United Launch Alliance.

The 70m-tinggi Falcon Heavy dirancang untuk memasang hingga maksimal 64 ton di orbit rendah Bumi. Itu seperti menempatkan lima bus kelas dua London di luar angkasa.

Pada kenyataannya, bagaimanapun, Berat jarang diminta untuk menaikkan begitu banyak karena SpaceX bermaksud mendaratkan pendorong roket kembali ke Bumi setelah diluncurkan dan bahan bakar yang dibutuhkan untuk melakukan hal ini tentu meniadakan beberapa kinerja. Tapi dorong besar roket itu membuka beberapa kemungkinan baru yang menarik. Ini termasuk:

Saat ini, Falcon Heavy hanya memiliki beberapa pemesanan di manifesnya.

Dua di antaranya adalah untuk satelit telekomunikasi besar yang harus dilemparkan ke orbit geostasioner sekitar 36.000 km di atas Bumi.

"Satelit-satelit ini lebih dari enam ton, mengetahui bahwa kapasitas roket adalah delapan ton ke orbit transfer geostasioner (GTO) - jika digunakan kembali," Rachel Villain, dari konsultan antariksa terkemuka Euroconsult, mengatakan kepada BBC News.

"Jadi, yang jelas, tujuannya adalah menggunakan kembali roket tersebut sepenuhnya, jika tidak kapasitas GTO adalah 20 ton yang harus diisi banyak."

Dia menambahkan: "Sasaran utama mungkin adalah pemerintah AS dan konstelasi milik mereka. Dan ketika saya mengatakan bahwa pemerintah AS, maksud saya baik di luar orbit Bumi (NASA) dan Departemen Pertahanan AS, karena SpaceX sekarang merupakan pemasok yang diakui ke Departemen Pertahanan untuk misi rahasia dan non-klasifikasi. "

Dengan asumsi itu berhasil, Falcon Heavy menimbulkan beberapa masalah serius untuk kebijakan luar angkasa AS.

Sementara NASA tentu bisa menemukan banyak kegunaan untuk kemampuan ekstra, ia memiliki "roket monster" sendiri dalam pembangunan.

Teka-teki untuk agensi dan legislator di Washington DC adalah bahwa Sistem Peluncuran Ruang Angkasa ini, seperti yang diketahui, masih beberapa tahun lagi memasuki layanan (dalam konfigurasi 70 ton sampai LEO); tapi lebih dari itu - mungkin harganya sekitar $ 1 miliar per penerbangan. Musk mengatakan Falcon Heavy-nya akan menghabiskan biaya $ 90 juta per penerbangan.

Banyak komentator sudah bertanya bagaimana Kongres dapat membenarkan biaya tambahan SLS yang cukup besar bila alternatif yang jauh lebih murah akan segera tersedia.

Dan Mr. Musk bukan satu-satunya pengusaha yang mengembangkan solusi angkat berat komersial yang menjanjikan pengurangan SLS secara dramatis dengan biaya.

Jeff Bezos, kepala Amazon.com, sedang mengerjakan roket yang dia sebut New Glenn, yang seharusnya bisa menempatkan 45 ton di orbit rendah Bumi. Dia bahkan pernah menggoda sesuatu yang lebih kuat lagi, disebut New Armstrong.

Sebuah tes penembakan mesin terjadi pada akhir bulan lalu
Mr Musk telah menekankan kesulitan dalam mendapatkan Falcon Heavy ready untuk tamasya perdananya.

Pengumuman resmi proyeknya pada tahun 2011, dengan penerbangan pertama yang direncanakan pada tahun 2013. Lima tahun kemudian, pengusaha tersebut mengakui bahwa peluang tersebut signifikan.

"Jika keliru, mudah-mudahan ini berjalan salah dalam misi, jadi setidaknya kita belajar sebanyak mungkin sepanjang perjalanan," katanya.

"Saya akan menganggapnya sebagai kemenangan jika hanya membersihkan pad dan tidak meniup pad untuk berkeping-keping Itu setara dengan 4.000 lbs setara TNT Mungkin tidak akan banyak yang tersisa jika benda itu longgar."

Mendapatkan semua 27 mesin menyala bersamaan dan mengendalikannya selama fase pendakian pertama tidak langsung.

Soviet mencoba menyalakan 30 mesin pada tahap pertama roket Bulan naas mereka, N1, dan tidak pernah mengorbit. Musk memiliki roket masa depan yang sedang dikembangkan, dia menyebut BFR. Ini akan menampilkan 31 mesin tahap pertama. (bbc)