Memo demokrasi yang akan dirilis, kata komite DPR AS

IMPIANNEWS.COM (Washington).

Sebuah panel kongres telah memilih dengan suara bulat untuk mengeluarkan sebuah bantahan Demokrat terhadap sebuah memo Republik yang menuduh bias terhadap Presiden Donald Trump.

Presiden Republik memiliki waktu lima hari untuk memutuskan apakah akan mendeklasifikasi dokumen 10 halaman tersebut.

Komite Intelijen House merilis memo Demokrat, yang menyoroti kekurangan di pihak Republik.

Dokumen Republikan mengklaim bahwa FBI menyalahgunakan kekuasaannya dengan menyelidiki penasihat Trump.

Adam Schiff, yang menulis memo kedua, menyambut baik pemungutan suara Senin oleh komite yang dikuasai Republikan dimana dia adalah petinggi Demokrat. Panel sebelumnya telah memblokir pembebasan dokumennya.

Partai Republik, katanya, telah "mendapati diri mereka berada dalam posisi yang tidak dapat didukung saat mereka mengeluarkan sebuah memo yang menyesatkan dan menolak untuk melepaskan tanggapan Demokrat, jadi saya pikir mereka dipaksa untuk melakukan tindakan yang mereka lakukan hari ini".

Anggota kongres California mengatakan akan "sangat sulit" untuk administrasi Trump sekarang untuk memblokir pembebasannya.

Apa yang ada dalam memo Republik?
Pusat dokumen empat halaman tentang penyadapan Carter yang disetujui oleh pengadilan, penasihat kebijakan luar negeri untuk kampanye Trump, yang ditempatkan di bawah pengawasan elektronik oleh FBI.

Memo tersebut menuduh departemen FBI dan peradilan menggunakan berkas yang tidak berdasar untuk mendapatkan izin pengadilan pada bulan Oktober 2016 untuk menguping Mr Page.

Reaksi memo - seperti yang terjadi
Berkas Steele yang disebut disusun dalam upaya untuk menggali kotoran pada Mr Trump, sebagian didanai oleh kampanye saingannya, Hillary Clinton.

Memo Republik mengatakan bahwa penulis buku tersebut, mantan agen intelijen Inggris Christopher Steele, mengatakan kepada seorang pejabat departemen peradilan senior bahwa dia "sangat membutuhkan" agar Trump kehilangan ras Gedung Putih.

Memo tersebut mengatakan bahwa semua ini merupakan "perincian proses hukum yang mengganggu yang dibuat untuk melindungi rakyat Amerika dari pelanggaran".

Memo itu sangat rahasia, namun disetujui untuk dikeluarkan oleh Komite Intelijen DPR seminggu yang lalu dan oleh Mr. Trump pada hari Jumat.

Apa selanjutnya?
Memo Demokrat pergi ke Gedung Putih pada hari Senin malam, dan presiden harus sampai Jumat untuk secara resmi mendeklasifikasinya.

Pemimpin Senat Demokrat Chuck Schumer telah menulis surat kepada Tuan Trump yang mengatakan bahwa ini adalah masalah "keadilan mendasar" bahwa presiden menyetujui deklasifikasi memo tersebut.

Mr Schumer mendesak presiden untuk menunjukkan memo Republik bukanlah tipu muslihat untuk mendiskreditkan penyelidikan departemen peradilan yang sedang berlangsung atas tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan 2016.

Surat senator tersebut mengatakan jika memo Demokrat tidak dilepaskan, "akan mengkonfirmasi ketakutan terburuk orang-orang Amerika".

Mr Schumer berpendapat "bahwa rakyat Amerika diizinkan untuk melihat kedua sisi argumen tersebut dan membuat keputusan mereka sendiri".