Posyandu Terintegrasi Paud di RA Al Hidayah

Tenaga kesehatan sedang berikan penyuluhan kesehatan
IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Pelaksanaan program posyandu terintegrasi PAUD di RA Al Hidayah yang terletak di Taruko kelurahan Ikua Koto Dibalai Kec. Payakumbuh Utara, berlangsung lancar. Lancarnya kegiatan berkat kerjasama yang baik antara Puskesmas Tarok dengan RA Al Hidayah. Para dokter dan perawat melakukan pemeriksaan rutin bulanan terhadap kesehatan dan tumbuh kembang peserta didik anak usia dini.

Dalam kunjungan Bulan Januari 2018 Puskesmas Tarok di RA Al Hidayah, Rabu (17/01/2018) lalu, tim kesehatan Puskesmas Tarok dibantu Bidan Pustu Taruko dan didampingi langsung kepala RA Al Hidayah, Deswita.B, bersama majlis guru, melakukan kegiatan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi, pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan telinga dan kuku, pemberian vitamin serta memberikan pembinaan kepada siswa tentang pola hidup sehat.

Kepala RA Al Hidayah, Deswita. B yang didampingi salah seorang gurunya Farida menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemko Payakumbuh melalui tim kesehatan Puskesmas Tarok.

" Kita sangat berterima kasih sekali, kerjasama dalam program merawat kesehatan dan tumbuh kembang siswa selama ini berjalan lancar setiap bulannya. Program ini bertujuan bagaimana peserta didik dalam hal ini anak usia dini dapat tumbuh optimal sesuai masanya. Selain itu, pembinaan tentang penanaman kebiasaan hidup bersih sejak dini sangat penting bagi peserta didik," ucap Deswita.B.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tarok yang diwakili Kasubbag TU, dr. Vira saat kita tanya melalui selulernya, Ahad (21/01/2018) membenarkan bahwa telah dilaksanakan kerjasama dan pemeriksaan peserta didik anak usia dini di RA Al Hidayah.

" Pemeriksaan kesehatan ini disebut program Puskesmas terintegrasi Paud. Ini adalah program pemerintah dalam rangka menciptakan generasi yang sehat. Dan jadwalnya sudah kita atur. Sejak dini peserta didik kita bina bagaimana pola hidup sehat. Kita ajarkan bagaimana buang air besar dan kecil yang benar, tata cara mencuci tangan yang baik, serta pembinaan lainnya termasuk imunisasi. Insyaallah dalam tahun 2018 ini kita juga akan berikan imunisasi Measles Rubella (MR). Kita harapkan kerjasama yang baik juga berjalan dalam pemberian imunisasi ini," tukuk dr. Vira.ul