Perdana, Gelar Upacara HAB Di Luar Ibu Kota Pasaman

IMPIANNEWS.COM (Pasaman). 

Baru kali ini upacara peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) digelar di luar ibu kota Kabupaten Pasaman.

Tepatnya, upacara HAB Kementerian Agama Ke 72 tahun ini yang berlangsung khidmat di pusatkan di halaman MAN 2 Pasaman Kecamatan Rao Selatan Rabu (3/1).

 Diikuti oleh seluruh ASN Kankemenag Kabupaten Pasaman serta pelajar madrasah serta dihadiri oleh Bupati Pasaman H.Yusuf Lubis, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0305 Pasaman juga Kepala OPD dan pimpinan cabang BRI dan Bank Nagari.
Tampak juga hadir, pemerintah Kecamatan Rao Selatan, seluruh Wali Nagari, Jorong dan tokoh-tokoh masyarakat Rao Selatan.

Kepala Kankemenag H.Abdel Haq menyampaikan, tahun ini jajarannya telah menggelar sejumlah kegiatan guna menyemarakkan HAB Ke 72, diantaranya pertandingan bulu tangkis dan bola voly yang diikuti oleh 11 tim Kankemenag se Sumatera Barat pada 9 - 10 Desember kemarin.

Juga pertandingan bola voly antar pelajar MTs se Pasaman, MTQ, tahfidz quran, khutbah jumat siswa RA hingga MA, senam massal santri RA, gerak jalan jantung sehat dan kerukunan serta upacara sebagai puncak acara yang dilanjutkan dengan tabligh akbar.

Abdel Haq menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh panitia dan ASN di lingkungan Kemenag ranah Pasaman yang telah mensukseskan peringatan HAB tahun ini, Sekaligus mengatakan acara ini terselenggara, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas usia Kemenag yang telah mencapai 72 tahun sejak berdirinya, tanggal 3 januari 1946.

Menurutnya tujuh puluh dua tahun adalah usia yang tidak muda lagi menurut ukuran manusia, tetapi sebagai organisasi besar usia tersebut setidaknya menunjukkan kematangan eksistensi di tengah hiruk-pikuk pembangunan dan meningkatnya berbagai permasalahan dan tantangan yang sedang dihadapi saat ini.

Ia mengajak jajarannya untuk selalu berdoa dan bekerja keras agar Kemenag senantiasa mampu meningkatkan eksistensinya dalam mengawal perjalanan bangsa ini menjadi bangsa yang besar, religius, berkeadilan, berkemakmuran, dan berkesejahteraan, serta diridhoi oleh Allah SWT.

“Kita juga sama-sama berharap, momentum HAB ke 72 tahun ini, semakin meningkatnya semangat, kualitas kinerja, dan saling bahu-membahu dalam mewujudkan visi dan misi Kankemenag Kabupaten Pasaman”.ujar Abdel Haq.

Lagi harapannya, yang menjadi asa Menteri Agama RI Bapak H.Lukman Hakim Shaifuddin yang tergambar dalam tema HAB tahun ini yakni “Tebarkan Kedamaian” dapat teraplikasikan.

Sekelumit sambutan Menag yang dibacakan Bupati Pasaman sebagai pembina upacara mengajak seluruh ASN Kemenag dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian.

Ia berpesan agar bisa memaknai bekerja sebagai ibadah, karena bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. Hendaknya menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan.

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang lomba dan penghargaan satya lencana kepada delapan ASN serta tabligh akbar bersama ustadz H.Deflaizar dari Kota Padang.

Dalam ceramahnya, pensiunan Kemenag yang pernah bertugas di Pasaman itu salah satunya mengajak ASN untuk dapat ikhlas dalam melakukan sesuatu termasuk dalam bekerja. (suf78)