Dipandu Dosen UNP, Pembuatan Soal Ujian SD/MI, Dimulai

Pembukaan kegiatan pembuatan soal ujian oleh Kadiknas
IMPIANNEWS.COM ( Payakumbuh).

Sebagaimana surat tugas yang telah diterbitkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh nomor : 421/177/PTK-2018 yang ditandatangani langsung Kadiknas, AH Agustion tanggal 19 Januari 2018. Dalam surat tugas tersebut dijeaska bahwa terhitung mulai tanggal 22-23 Januari 2018 ini tim pembuat soal ujian untuk tingkat SD/MI yang berjumlah 53 orang dinyatakan mulai laksanakan tugasnya.

Sebagaimana peninjauan kita di lapangan, Senin (22/01/2018) pembuatan soal ujian dipusatkan di SDN 16 Payakumbuh yang dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan. Guna memaksimalkan pembuatan soal secara teknis Diknas menghadirkan 2 orang dosen UNP yang akan menjadi narasumber dan memandu langsung pembuatan soal ujian ini. Tampak dihadiri pengawas SD se kota Payakumbuh dan pengawas PAI beserta beberapa orang guru PAI dari kankemenag. Membuka kegiatan pembuatan soal ujian diawali pembacaan wahyu ilahi dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutan pembuka, Kepala Dinas Pendidikan diwakili Kasi Kurikulum Pendidikan Dasar, Hasnaldi mengucapkan terima kasih kepada Kepala SDN 16 yang telah memfasilitasi tempat.

" Permohonan maaf dari Kadiknas bersama Kabid Dikdas, yang tidak dapat hadir kesempatan ini, karena sedang rapat di Balai Kota. Salah satu wadah untuk menguji kompetensi guru dan peserta didik adalah melalui ujian, dengan ujian kita bisa mengevaluasi kompetensi guru dan peserta didik. Ujian adalah salah satu pakaian kehidupan demikian juga halnya di dunia pendidikan, dalam pendidikan ujian yang akan kita laksanakan berupa ujian tulis, baik opsi maupun esai. Baik mapel umum maupun mapel PAI," sebut Hasnaldiyang kerap disapa Nang.

"Ditambahkannya, dalam meningkatkan kualitas anak didik ke depan, kita berusaha semaksimal mungkin untuk lakukan proses agar hasil lebih baik sesuai regulasinya. melakukan PBM yang selalu update sesuai Kompetnsi Dasar (KD), RPP, kisi kisi dan silabus yang telah dibuat. Pembelajaran tersebut perlu dianalisa KD yang belum tuntas, kita remedial. Melakukan evaluasi setiap saat. 
Kesempatan ini, mari kita susun materi soal sesuai standar dan pedoman. Selamat bekerja dan jaga kerahasian sebagai bahan evaluasi diri dan kemampuan anak didik," Hasnaldi akhiri.

Arahan teknis oleh Pengawas SD, Refmayeti
Secara teknis proses pembuatan soal ujian ini dipaparkan pengawas SD, Refmayeti.

"Dalam membuat dan menyusunan soal TO ini kita sengaja menghadirkan 2 Dosen pembimbing dari UNP, yaitu Masniladevi, M. Pd untuk mapel MTK dan Dra. Rita Wati Mahyuddin, M. Pd untuk Bahasa Indonesia, sedangkan mapel PAI dibuat perwakilan KKG dipandu pengawas PAI. Kita akan bentuk kelompok dan duduk berdasarkan kelompok mapel. Saat kegiatan kita di 13 gugus telah dibiayai pemda, alhamdulillah dan mari kita maksimalkan. Mari kita bekerja sebagus mungkin sesuai teknis penulisan, bahasa dan kaidah. Jangan keluar dari kaidah, " pesan Refmayeti.

Di Lokasi yang sama, Pengawas PAI kankemenag, Khairani menyebutkan bahwa saat ini sedang berlangsung ujian Pra UN di tingkat SMP/MTs yang akan berlanjut ke ujian Pra UAM oleh siswa madrasah.

" Untuk hari ini kita sedang buat soal untuk ujian Try Out (TO) 6 mapel. Insyaallah TO I akan dilaksanakan tanggal  yang akan 12 14 Februari 2018, TO II mulai tanggal 5-7 Maret 2018 dan TO III dimulai tanggal 19-21 Maret 2018. Ujian UAS BK digelar tanggal 1-4 April 2018 dan dilanjutkan ujian praktek. Sedangkan UAS BN akan dilaksanakan tanggal 7-9 April 2018. Terkait ujian mapel PAI akan kita susun dengan KKG PAI di Padang dengan perbandingan 75 % soal dari Pusat dan 25 % soal dari KKG yang dibuat bersama di Padang. Selain itu, Kita sangat bangga dengan siswa di SDN 16 Payakumbuh, jam istirahat pertama dipergunakan untuk shalat Dhuha," sebut Khairani.

Usai pembukaan secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan, kegiatan dilanjutkan penyampaian materi oleh dosen UNP. Kegiatan ini akan berlangsung hingga esok.ul