Kementerian Agama, Seleksi di IAIN Bukittinggi dikuti 368 Pelamar CPNS

IMPIANNEWS.COM (Bukit Tinggi).

Bukittinggi--Sebanyak 368 pelamar CPNS Kementerian Agama bakal mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan di IAIN Bukittinggi, Senin besok (23/10).

IAIN Bukittinggi menampung sebanyak 368 peserta ujian yang terdiri dari pelamar IAIN Batusangkar sebanyak 111 orang, pelamar UIN Imam Bonjol Padang sebanyak 111 orang dan pelamar IAIN Bukittinggi sebanyak 146 orang.

IAIN Bukittinggi dipercaya sebagai penyelenggara seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Kementerian Agama Republik Indonesia tahun anggaran 2017 mewakili Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Sumatera Barat.

Rektor IAIN Bukittinggi Dr. Ridha Ahida, M.Hum mengatakan terpilihnya IAIN Bukittinggi berdasarkan hasil rapat dengan Kepala BKN pada tanggal 5 Oktober 2017 lalu. Rencana awal pelaksanaan ujian SKD dengan sisten CAT sebelumnya dilaksanakan pada 71 PTKIN. Dengan berbagai petimbangan, hanya 31 PTKIN yang di tunjuk sebagai lokasi ujian. Karena itu, terpilihnya IAIN Bukitttinggi merupakan sebuah kebanggaan tersendiri.

“Apalagi IAIN Bukittinggi saat ini fokus mengembangkan kampus berbasiskan IT”

Wakil Rektor II IAIN Bukittinggi, Novi Hendri, M.Ag menjelaskan, berdasarkan hasil survei BKN dan Kementrian Agama RI, IAIN Bukittinggi memenuhi persyaratan untuk menjadi pelaksana Ujian CAT.

“Saat ini IAIN Bukittinggi telah memiliki laboratorium yang representatif. Labor Komputer terpadu yang dilengkapi dengan Infrastuktur yang baik dan bandwidth  yang memadai karena IAIN menuju kampus berbasis IT,” katanya.

Drs. Syahrul Wirda, MM Kepala BIRO AUAK IAIN Bukittinggi mengimbau kepada pelamar CPNS Kementerian Agama ini agar mengikuti tata tertib ujian.

“Peserta wajib hadir mengikuti seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sesuai lokasi dan jadwal ujian yang telah di tentukan. Peseta hadir 60 menit sebelum pelaksanaan ujian SKD dimulai. Serta menggunakan  pakaian yang sudah diatur dalam tata tertib,” harapnya.

Ia menegaskan, pada ujian ini disediakan ruangan sterilisasi untuk peserta SKD CPNS 2017.

“Ini bentuk komitmen pemerintah melaksanakan tes ini se-ideal mungkin. Dengan terpilihnya IAIN Bukittinggi membuktikan bahwa kampus ini mampu menyelenggarakan ujian dengan sistem CAT BKD,” paparnya.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan ujian ini direncanakan akan berlangsung di Kampus 2 Jln. Gurun Aur Kubang Putih. Ujian ini dilaksanakan dengan tiga sesi yaitu pukul 08.00-09.30, 10.00-11.30 dan 12.00-13.30 WIB. (ul)