Mahasiswa KKN Unand Mengembangkan Gerai Ekonomi Kreatif, Dengan Pembudidayaan Magot Dan Produksi Sogos

Oleh: Fazri Nurul Huzaima 
(Mahasiswa Universitas Andalas)

IMPIANNEWS.COM

Padang Pariaman - Mahasiswa KKN Universitas Andalas (UNAND) Nagari Kurai Taji Timur, Kecamatan Nan Sabaris,  Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan program kerja kegiatan khusus dengan pembentukan tim budidaya Maggot, Stick Sagu Rumbia, dan Gerai Ekonomi Kreatif, Senin (07/08/ 2023).

Roby Jhunaedy yang menjadi ketua penanggung jawab tim ekonomi kreatif: Budidaya Maggot, Stick Sagu Rumbia, Dan Gerai Ekonomi Kreatif beserta rekan-rekan mahasiswa lain dari berbagai fakultas berbeda-beda serta dibimbing langsung oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Prof. Dr. Emriadi turut ikut serta memberikan ide serta inovasi dalam menciptakan gerai ekonomi kreatif bagi masyarakat Nagari Kurai Taji Timur, Kecamatan Nan Sabaris.

Pengembangan ekonomi kreatif ini, tim mahasiswa KKN Unand bekerja sama dengan masyarakat Nagari Kurai Taji Timur guna memanfaatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Nagari tersebut karena berdasarkan hasil pengamatan lapangan oleh tim ekonomi kreatif, masih banyak dari masyarakat Kurai Taji Timur yang belum memanfaatkan Sumebr Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada.

Dalam pembudidayaan Maggot, tim ekonomi kreatif melakukan observasi lapangan dahulu terkait lokasi yang akan dijadikan Maggot House. Setelah dapat lokasi Maggot House, maka akan dilakukan pengumpulan bahan-bahan yang diperlukan untuk Maggot berkembang biak. Setelah Maggot berkembang biak, Maggot tersebut akan dijadikan Maggot kering dengan cara menggoreng Maggot dengan api sampai warna Maggot menjadi kecoklatan dan kering. 

Dalam pembuatan Stick Sagu Rumbia, mahasiswa KKN Unand tim ekonomi kreatif menyiapkan bahan utama yaitu sagu rumbia yang akan diolah menjadi cemilan makanan. Tim tersebut bekerja sama dengan menghasilkan inovasi melalui kreatifitas sehingga menghasilkan cemilan yang layak untuk diperjual belikan dan disukai oleh konsumen.

“Harapan aku khususnya pada pemangku pemerintahan Nagari Kurai Taji Timur adanya upaya reaktualisasi budaya ekonomi kreatif nagari dalam menciptakan lingkungan ramah UMKM berlandaskan ciri khas Nagari Kurai Taji Timur” ujar Adam Alfaridzi, Ketua KKN Unand.

Setelah berhasil dalam membudidayakan Maggot dan produksi Stick Sagu Rumbia, tim ekonomi kreatif oleh mahasiswa KKN Unand dan di dampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  melaksanakan sosialisasi terkait paham budi daya serta pengadaan workshop bertema “Inovasi Produk, Marketing, dan Branding Maggot dan Sogoos” bertujuan agar memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada masyarakat dalam mengembangkan gerai ekonomi kreatif serta berharap dapat membantu dalam menambah skill masyarakat Kurai Taji Timur didalam dunia kerja maupun bisnis Ekonomi Kreatif. Manfaat workshop tersebut juga dapat membekali masyarakat terkait dalam memanfaatkan Sumber Daya Alam yang dapat bernilai ekonomis dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dalam membuka peluang bisnis baru.

“Masyarakat menyadari akan potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM) Nagari dan membutuhkan sokongan dari pemerintah untuk mendorong pengembangannya. Program ini punya potensi dan peluang usaha yang besar dalam pemerintahan nagari yang akan datang perlu dan akan dianggarkan perihal program ekonomi kreatif Nagari Kurai Taji Timur ini” Ujar Bapak Wali Nagari Kurai Taji Timur.

Penulis : Fazri Nurul Huzaima 

(Mahasiswa Universitas Andalas)

Post a Comment

0 Comments