Mengulik Benua Australia Sebagai Benua Terkecil di Dunia

Photo/Planetware.com

Oleh : Aisha Farrah Jambak (2110731023)
(Mahasiswa Sastra Inggris Unand)

IMPIANNEWS.COM

Benua Australia memiliki nama resmi Commonwealth of Australia yang berarti persemakmuran Australia. Australia menjadi sebuah negara dan benua yang memiliki negara bagian. Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia yang terletak di sisi selatan Negara Indonesia. Luas Benua Australia adalah 8.945.000 kilometer persegi. Benua Australia memiliki beberapa negara bagian, meskipun letaknya berdekatan dengan Indonesia namun Benua Australia  memiliki iklim yang jauh berbeda dengan Indonesia. 

Benua Australia pertama kali dihuni oleh Suku Aborigin pada sekitar 40.000 tahun yang lalu. Tahun 1606, penjelajah Belanda menemukan benua ini dan kemudian jatuh di tangan Kerajaan Inggris dan menjadikannya sebagai tempat pembuangan pelaku kriminal. Akhirnya, Benua Australia menjadi salah satu persemakmuran Britania Raya. 

Australia merupakan benua datar yang memiliki pegunungan dengan rata-raata 30 Meter di atas permukaan laut. Benua Australia merupakan benua terkering di dunia dengan hampir 20% diklasifikasikan sebagai gurun. Benua Australia ini memiliki variasi iklim di berbagai sisi benua, pada benua Australia bagian uatara memiliki iklim tropis, pada bagian barat daya dan sepanjang pantai selatan memiliki iklim sub tropis. Pantai timur Australia memiliki curah hujan yang tinggi sedangkan bagian barat kering. Fauna yang khas dan banyak ditemui di Australia adalah Koala dan Kanguru.

Berdasarkan kedudukan garis lintang astronomisnya, Benua Australia terletak pada 10° LS-44°LS dan 113° BT-154° BT. Letak astronomi Benua Australia ini, berada di bagian bumi belahan selatan dan sebagian besar perbatasannya dikelilingi oleh samudera dan lautan yang mengitari benua ini. Daratan ini memiliki luas 7.686.850 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 35 juta. Secara geografis, hanya ada tiga negara di Benua Australia, yaitu Australia, Papua Nugini, serta sebagian dari wilayah Indonesia saja. Meski demikian, jika dihitung negara di kawasan Oceania maka untuk total keseluruhan negaranya adalah 14 negara.

· Bagian Utara berbatasan dengan wilayah Indonesia yaitu Laut Arafuru dan Laut Timor.

· Bagian Selatan berbatasan dengan Samudera Hindia dan Antartika.

· Bagian Barat berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

· Bagian Timur berbatasan dengan Laut Coral, Laut Tasmania, dan Samudera Pasifik.

Benua Australia letaknya ada di bagian bumi timur, belahan bumi selatan. Letak inilah yang menjadikan Australia juga kerap disebut dengan "benua bawah". Untuk alam Australia sendiri terbagi menjadi tiga bagian. Berikut ini letak geologis Benua Australia:

· Daerah bagian timur Australia diisi dengan barisan pegunungan memanjang mulai dari Tanjung York di bagian utara hingga ke Pulau Tasmania.

· Daerah bagian barat Australia diisi dengan dataran tinggi yang biasa disebut Perisai Australia. Mayoritas wilayah bagian barat dan tengah adalah gurun pasir yakni Gurun Gibson serta gurun Victoria (lihat disini gurun terluas di dunia).

· Daerah tengah di antara pegunungan timur dan dataran tinggi barat adalah lembah Murray Darling serta dataran rendah Danau Eyre. Danau Eyre ini pun menjadi danau yang paling besar di Australia.

Kondisi Iklim Benua Australia :

1. Iklim tropis, terletak di 10'LS - 23'LS terdapat di Australia bagian utara.

2. Iklim subtropis, terletak di 23'LS - 35'LS terdapat di Australia bagian selatan. 

3. Iklim sedang, terletak di 35'LS - 44'LS terdapat di selatan Victoria dan Tasmania.

Iklim di Australia juga dipengaruhi oleh arus samudera, jarak dari laut dan bentang alam. Di sekitar pantai utara, barat, dan timur suhunya relatif hangat karena pengaruh mengalirnya arus panas. Sedangkan di sepanjang pantai selatan dan Tasmania suhu udara relatif dingin akibat mengalirnya arus dingin. Daerah-daerah yang terletak dekat pantai udaranya lembab, sedangkan wilayah tengah Australia, karena letaknya jauh dari laut, dan wilayahnya berupa gurun, udaranya sangat kering.

Keuntungan Letak Geografis Benua Australia : 

· Banyaknya kawasan subur di Australia menjadikan pertanian dan juga peternakan adalah keunggulan di Benua Australia. Tentu Anda tahu jika Australia selalu ekspor sapi dan gandum terbesar.

· Letaknya berhubungan dengan kawasan Oceania dan juga Asia dimana menjadi jalur perdagangan penting dan sibuk.

· Australia pun juga memiliki kekayaan tambang dan juga banyak cadangan energi sehingga menjadikannya negara industri. Beberapa kekayaan tambang seperti minyak bumi, bijih besi dan lain sebagainya.

Populasi 

Berdasarkan sejarahnya, Benua Australia dihuni oleh suku asli Aborigin, namun seiring dengan perkembangan jaman benua ini juga dihuni oleh suku bangsa lainnya. Menurut data kependudukan tahun 2003 jumlah penduduk Australia adalah 19,9 juta dengan pertumbuhan penduduk sekitar 0,6% per tahunnya. Suku bangsa yang mendiami Benua Australia antara lain suku bangsa Eropa (ras kulit putih), Asia (ras kulit kuning), dan Aborigin (ras Melanisia dan Polinesia). Menurut Graham Russel (2019) dalam websitenya, “Orang Australia sangat provinsial dalam banyak hal. Jika mereka merasa anda telah menggunakannya sebagai batu loncatan untuk hal-hal yang lebih besar, mereka akan membencinya.”

Flora dan Fauna

Pohon kayu eukaliptus dan pohon kayu akasia merupakan tanaman yang paling umum dijumpai di Benua Australia. Ada lebih dari 500 jenis eukaliptus dan lebih dari 700 jenis kayu akasia di tempat ini. Hutan tropis dan hutan sedang dijumpai di tempat yang curah hujannya banyak. Di hutan ini ada banyak pohon besar dan berbagai jenis tanaman lain. Hutan ini ada di daerah tropis yang panas dan lembab di Queensland, di daerah pantai Australia bagian timur dan di Tasmania yang beriklim sedang, basah, dan sejuk.

Di hutan yang terletak di daerah tropis ada pohon anggur dan pohon kelapa sawit. Hutan jenis ini ada hubungannya dengan hutan yang ada di Indonesia dan di Asia Tenggara. Hal ini karena dulu pada zaman es permukaan laut yang lebih rendah telah menghubungkan Australia dengan Irian Jaya sehingga hutan-hutan ini meluas. Di daerah-daerah yang beriklim sejuk dan sedang, juga ada pohon pakis dan lumut di hutan ini serta pohon beech yang berasal dari benua Antartika. Hewan Australia yang paling terkenal adalah hewan marsupial (berkantung) yang disebut kanguru dan koala Di antara hewan-hewan Australia yang luar biasa adalah platypus dan trenggiling yang keduanya adalah jenis monotrem yakni hewan mamalia tak bergigi dan berlobang satu untuk bertelur dan buang air.

Menurut kak Dewi sebagai seseorang yang pernah tinggal di Australia berkomentar bahwa tinggal di sana sangatlah luar biasa “Orang-orangnya sangat menyenangkan, ceria, ekstrovert, cerdas, dan selalu patuh. Kota mereka aman dan bersih  hampir selalu dibangun di atas air. Mereka memiliki masyarakat yang sejahtera dan tertata dengan baik. Birnya dingin, matahari hampir selalu bersinar, ada kopi di setiap sudut. Hidup tidak menjadi jauh lebih baik dari ini.” Ujarnya.

Lalu dalam sebuah wawancara Shawn Mendes pernah berkata bahwa dia sangat menyukai orang-orang Australia “Saya suka Australia, itu adalah pengalaman yang sangat-sangat menyenangkan bagi saya. Itu tempat yang sangat indah, orang-orangnya sangat cantik dalam hal kepribadian mereka. Ini adalah tempat yang bagus untuk menjadi seperti mereka seperti berada di dunia mimpi.”

Seorang teman yang sempat saya wawancarai bernama Intan berpendapat bahwa jika ia berkesempatan mengunjungi Australia “Kita semua adalah pengunjung saat ini. Tempat ini, kita hanya lewat tujuan kita di sini adalah untuk mengamati, belajar, tumbuh, mencintai, dan kemudian kita kembali ke rumah.” Ujar Intan.

Post a Comment

0 Comments