Pemkab Dharmasraya Bakal Bantu Ponpes Nurul Iman

.

IMPIANNEWS.COM
 

Dharmasraya, - Mendapati kabar terjadinya musibah kebakaran yang menimpa Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Iman di Jorong Pisang Rebus Nagari Sitiung, Rabu (15/9/21) dini hari, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, pada Rabu pagi langsung turun menyambagi lokasi kejadian.


Bupati datang dengan didampingi Sekretaris Daerah, Adlisman, Kepala Dinas Sosial P3APPKB, Bobby Perdana Riza, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. 


Pasca melihat langsung kondisi sejumlah bangunan Ponpes Nurul Iman yang hangus terbakar, bupati menyampaikan ikut berduka atas musibah yang menimpa.


Diketahui, ada lima kelas dan satu kantin yang habis dilalap sijago merah dalam peristiwa tersebut. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.


Sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah, pada kesempatan itu selain menyerahkan bantuan tanggap bencana berupa logistik, Bupati Sutan Riska juga menginstruksikan dinas terkait untuk mengupayakan bantuan lainnya untuk Ponpes Nurul Iman. Diantaranya bantuan hibah senilai Rp 20 juta dan juga bantuan fisik bangunan.


Menurut Kabid Anggaran BKD Dharmasraya, Rasymi Nofriadi, dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dapat memberikan bantuan senilai Rp 20 juta untuk kerugian diatas Rp 300 juta. 


"Dilihat tadi memang kerugiannya diperkirakan diatas Rp 300 juta. Untuk itu pemerintah daerah bisa memberikan bantuan Rp 20 juta, yang dibebankan melalui belanja tak terduga. Tentunya dengan kelengkapan administrasi seperti pengajuan permohonan, kemudian diverifikasi oleh Dinas Sosial dan dibuatkan SK Bupatinya," ujar Nofriadi.


Selain itu, untuk bantuan fisik bangunan, sebut Nofriadi, akan diarahkan melalui belanja program kegiatan OPD yakni Dinas PUPR. 


"Mungkin berkisar Rp 200 juta, yang akan dianggarkan pada APBD di awal tahun 2022. Tapi walau demikian, nanti dilihat dulu hasil survey Dinas PU. Apa-apa yang akan dibangun, apa-apa yang perlu diganti, berapa nilai riilnya nanti berdasarkan hasil survey itu," terangnya.


Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Sosial P3APPKB juga akan mengupayakan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat.(014)

Post a Comment

0 Comments