Pandemi Covid di Padang Membaik, PPKM Turun Menjadi Level 3

 

Impiannews.com

PADANG - Pandemi Covid-19 di Kota Padang mulai menunjukkan penurunan secara signifikan. Dimana pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) yang sebelumnya level 4 mengalami penurunan menjadi level 3. 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang dr. Ferimulyani dalam kegiatan diseminasi informasi yang digelar Diskominfo Padang di Ruangan Media Center Kantor Balai Kota Padang, Rabu (15/9/2021).

Dikatakan Ferimulyani, penurunan level PPKM tersebut dikarenakan beberapa hal. Diantaranya seiring adanya tren penurunan kasus Covid-19 di Kota Padang yang sudah terjadi sejak 5 Agustus lalu. Dimana jumlah warga yang terpapar virus kurang dari 100 orang per hari. Padahal pada Juli kasus harian mencapai 500-600 orang per hari.

"Capaian ini merupakan hal yang baik bagi kita, apalagi angka kesembuhan pasien Covid-19 juga meningkat dengan 97,7 persen. Sementara sisa kasus sakit saat sekarang ini hanya 1 persen dan angka kematian 1,3 persen," katanya.

Ferimulyani pun juga menyampaikan upaya pihaknya dalam memetakan perkembangan tren Covid-19 melalui peta zonasi tingkat RT. 

"Kita telah melakukan PPKM Mikro dan itu juga mengalami perbaikan. Peta zonasi kita terakhir di minggu ke 36 tahun 2021, dari 3.424 RT di Kota Padang 3.169 RT berada di zona hijau. Sementara zona kuning hanya 255 RT dan zona orange atau merah kita sudah nol," sebutnya.

Penurunan jumlah kasus harian ini jelas Ferimulyani, tentu akan memperbaiki level PPKM bagi Kota Padang. Dimana berdasarkan Instruksi Mendagri No.41 yang meminta Kota Padang menerapkan PPKM level 4 diperpanjang sampai 20 September 2021.

"Namun evaluasinya dilakukan setiap pekan, dan alhamdulillah dari evaluasi yang dilakukan pada 11 September kemarin menyatakan Padang sudah berada pada level 3. Hal itu dikarenakan risiko penularan kasus Covid-19 sudah berada di tingkat dua dengan nilai 23,26 per 100 ribu penduduk per minggu. Kemudian untuk rawat inap dan risiko penularannya kita berada pada tingkat tiga dengan nilai 26,98 per 100 ribu penduduk. Data ini bukan kita yang mengeluarkan, tapi data yang diambil dari kita dan dirilis oleh Kementerian Kesehatan," paparnya.

Terakhir kata Kepala DKK Padang itu menjelaskan, kendati secara statistik berada pada level 3 namun PPKM di Kota Padang tetap diberlakukan level. Hal itu dikarenakan PPKM level 4 di Padang dijadwalkan sampai 20 September 2021.

"Kita berharap sampai 20 September nanti kita tetap berada di level 3. Sehingga Pemerintah Pusat akan menurunkan PPKM level 4 yang beberapa minggu ini kita terapkan. Semoga kita di Kota Padang terutama di setiap kecamatan dengan angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi dapat melakukan kegiatan PPKM yang ketat."

"Begitu juga terkait vaksinasi, dari target sasaran sebanyak 726.615 orang saat ini yang sudah melakukan vaksinasi tahap satu baru 244.887 orang atau 33,07 persen. Sementara vaksinasi tahap dua yakni 147.812 atau 20,34 persen. Ini yang perlu kita tingkatkan lagi," bebernya mengakhiri.(David)

Posting Komentar

0 Komentar