Bimtek Jitu Pasna BPBD Sumbar melatih para peserta membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca bencana.

 

Ipiannews.com

Padang - Badan Penanggulangan Benca Daerah (BPBD)provinsi Sumatera Barat, melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) hitung cepat pengkajian kebutuhan pascabencana (Jitu Pasna) tahun 2021.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Kontruksi Suryadi Eviontri, ST mengatakan, kegiatan Bimtek Jitu Pasna ini melatih para peserta agar mampu membuat dokumen pengkajian kebutuhan pascakebencanaan, mulai dari pengumpulan data hingga penyusunan dokumen," ucap Suryadi Eviontri, saat acara pembukaan kegiatan bimtek jitu pasna, Rabu 8 September 2021 di hotel Imelda padang.

Suryadi mengatakan,  tahun ini ada 8 angkatan dengan masing-masing angkatan melibatkan 120 orang peserta," ungkapnya

"Peserta bimtek tersebut terdiri dari berbagai unsur di antaranya BPBD Provinsi Sumbar dan kabupaten/kota, aparatur nagari, desa atau kelurahan, jurnalis hingga relawan penanggulangan Bencana," tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam kegiatan pelatihan peserta agar dapat memahami melakukan penghitungan kerugian dan kerusakan akibat dampak bencana sebagai persyaratan dokumen bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana.

Dan juga Suryadi mengatakan, Kita harap dengan mengikuti pelatihan ini, semua peserta dapat memahami membuat dokumen pengkajian kebutuhan pasca bencana dalam satu sampai empat hari setelah kejadian bencana," tukuknya

Dengan Jitu Pasna ini akan didapatkan data yang akurat, sehingga kekeliruan dalam perhitungan termasuk penyimpangan dan manipulasi data dapat diminamalisir," tuturnya

(**/RF)

Post a Comment

0 Comments