Prof. Dr. Yahya Jaya, MA. Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang: Meninggal Dunia.


Impiannews.com ( Padang )

Innalillahiwainnailaihi raajiúun. “Tiap-tiap yang bernyawa akan merasakan mati, dan hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu, barang siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung dan kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdayakan ” (Qs. Ali Imran: 185).

Kabar duka menyelimuti UIN Imam Bonjol Padang, salah satu putra terbaik   Prof. Dr. Yahya Jaya, MA., meninggal dunia pada Selasa, tanggal 6 Juli 2021  pukul 16.50 WIB. di Rumah Sakit UNAND, Padang – Sumatera, pada usia 67 Tahun.

Almarhum merupakan Guru Besar Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Dalam perjalanan karirnya, Prof Yahya Jaya berdedikasi penuh dalam pengembangan keilmuan. Beliau fokus dalam Bidang Bimbingan Konseling Agama Islam. Beliau menulis buku Bimbingan Konseling Agama Islam.

Prof. Dr. Yahya Jaya,  dipecaya oleh mengelola institusi dalam beberapa jabatan struktural, sebagai Pembantu Dekan Fakultas Dakwah II IAIN Imam Bonjol Padang 1997 – 1998 ; Wakil Koordinator Kopertais wilayah VI Sumbar dan Kerinci tahun 2004 – 2007.

Selanjutnya, dalam organisasi profesi Prof. Dr. Yahya Jaya dipercaya sebagai Dewan Pembina pada DEWAN PIMPINAN PUSAT (DPP) PERKUMPULAN AHLI BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM (PABKI)

Dalam kesehariannya Prof.Dr. Yahya Jaya dikenal baik, ramah, rendah hati,  dekat dengan kolega, mahasiswa dan masyarakat, sampai berita ini diturunkan tidak henti-hentinya ucapan duka cita, dan doa disampaikan untuk almarhum.

Dalam kesempatan ini, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. H. Eka Putra Wirman, MA., dan seluruh civitas akademika menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian salah seorang Guru Besar UIN Imam Bonjol Padang tersebut. “Atas nama keluarga besar UIN Imam Bonjol Padang  kami menyampaikan rasa duka mendalam, semoga almarhum memperoleh tempat yang paling mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan memperoleh ketabahan untuk melanjutkan perjuangan hidup,” ucapnya.

Selamat jalan Prof.Dr.Yahya Jaya,MA., terima kasih atas segala pengabdiannya selama ini dan menjadi amal shaleh, Aamiin…


( Ay/HMS )

Posting Komentar

0 Komentar