Mojtaba Zonnour Meminta Dukungan Parlemen untuk Memecat Presiden Hasan Rouhani

 Mojtaba Zonnour Meminta Dukungan Parlemen untuk Memecat Presiden Hasan Rouhani

Kepala Komisi Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri Iran, Mojtaba Zonnour, meminta dukungan dari anggota parlemen untuk memulai penyelidikan pemecatan Presiden Hassan Rouhani.

Zonnour mengajukan permintaan itu dan mengklaim Rouhani bertanggung jawab atas masalah di Iran. Dia mengatakan penyelidikan untuk pemecatan Rouhani masih berlangsung.

Sebanyak 44 dari 290 perwakilan telah menandatangani dokumen tersebut tetapi 11 menarik tanda tangan mereka, menurut pernyataan dari Zonnour.

“Saya meminta perwakilan lain untuk menandatangani dokumen untuk mengakhiri kekacauan di negara ini dengan memecat Presiden yang terhormat,” kata Zonnour.

Untuk mengajukan mosi tidak percaya terhadap presiden, pemecatan itu harus diterima oleh setidaknya sepertiga dari anggota parlemen, menurut Pasal 89 Konstitusi.

Konservatif, yang merupakan mayoritas di parlemen, menyalahkan pemerintah Rouhani karena tidak memadai dalam memimpin pemerintahan.

Rouhani, yang masa jabatannya berakhir tahun depan, telah berjuang untuk menangani masalah ekonomi domestik, dengan berita lonjakan virus corona, meningkatnya inflasi dan mata uang yang jatuh.

Dia telah mencoba menangkis kritik dengan menyalahkan sanksi AS atas masalah ekonomi dan perjuangan untuk menahan penyebaran virus.(EP)


Post a Comment

0 Comments