Menlu Pangeran Faisal bin Farhan Arab Saudi Dukung Penuh bagi Kedaulatan Azerbaijan soal Nagorno-Karabakh

 Menlu Pangeran Faisal bin Farhan Arab Saudi Dukung Penuh bagi Kedaulatan Azerbaijan soal Nagorno-Karabakh


Menlu Arab Saudi Pangeran bin Farhan menegaskan dukungan bagi kedaulatan Azerbaijan terkait Nagorno-Karabakh (Foto: Twitter/Kemlu Azerbaijan)

IMPIANNEWS.COM.(Riyadh).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi Pangeran Faisal bin Farhan menegaskan dukungannya bagi kedaulatan Azerbaijan terkait konflik dengan Armenia di Nagorno-Karabakh.

Penegasan itu disampaikan Pangeran Faisal saat menerima telepon dari mitranya Menlu Azerbaijan Jeyhun Bayramov, Minggu (11/10/2020).

Dikutip dari kantor berita Saudi Press Agency (SPA) dilansir impiannews.com,  Senin (12/10/2020), keduanya membahas berbagai hal, termasuk yang menjadi sorotan situasi yang berkembang di Nagorno-Karabakh.

Sementara itu keterangan resmi Kementerian Luar Negeri Azerbaijan di Twitter menyebutkan, Menteri Faisal mengungkapkan keprihatinan atas ketegangan di Nagorno-Karabakh.

Dia mendapat penjelasan dari Bayramov, adanya penargetan warga sipil Azerbaijan serta infrastruktur oleh pasukan separatis Armenia.

Disebutkan, setelah gencatan senjata disepakati pada Jumat lalu, militer Armenia menembakkan roket ke kota terbesar kedua Azerbaijan, Ganja, menewaskan sembilan warga sipil serta melukai 34 lainnya, termasuk anak di bawah umur.

Menteri Faisal menegaskan serangan yang disengaja Armenia terhadap warga sipil, rumah, serta petugas medis, merupakan bagian dari kebijakan agresif terhadap Azerbaijan.

Arab Saudi juga menegaskan kembali dukungannya bagi integritas wilayah Azerbaijan seraya menekankan pentingnya menyelesaikan konflik melalui dialog politik.

Sementara itu Bayramov mengatakan perlunya menerapkan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk memastikan perdamaian dan keamanan di kawasan.

Selain membahas konflik, kedua menteri Selain membicarakan hubungan bilateral serta bidang kerja sama.

Editor : Anton Suhartono


Post a Comment

0 Comments