Rektor UNP Prof. Ganefri , p.h.d, Ambil Kebijakan Libur Mahasiswa Kampus UNP

IMPIANNEWS. COM (Padang) 

Rektor UNP prof. Ganefri , p.h.d, meningkatkan kewaspadaan terhadap virus  yang sangat mematikan ini, virus corona Disease (covid-19), dengan itu Ganefri  mengambil kebijakan untuk meliburkan mahasiswa di kampus unp, dengan mewabahnya virus corona disease(covid-19), acara wisudah ini merupakan   kegiatan keramaian terakhir di unp, jadi edaran yang saya keluarkan tadi malam, mulai hari senin tidak ada perkuliahan hanya melalui line masa unp  selama satu bula kedepan,  mahasiswa unp diliburkan ke kampus,  kita wajibkan kepada mahasiswa tidak ketemu secara langsung. kata Ganefri di waktu wawancara selepas wisuda, minggu 15 maret 2020 di rektorat unp sumatera barat. 

Ganefri  mengatakan,  WHO sudah mengumumkan virus corona Disease (covid-19) tersebut  adalah polemik dunia, yang saya kira sangat perlu kita sikapi dengan  serius, jangan sampai kita kecolongan, kita sudah melihat  pertumbuhannya kini di jakatra, begitu  cepat meningkat,  yang kita  takutkan  jika sempat ini muncul di kota padang, karena kita tidak bisa memprediksi  kapan menyerangnya virus  corona yang samgat mematikan ini. ucap Rektor unp

Karena virus corona  ini menularnya dengan sentuhan langsung, oleh sebab itu unp mengantisifasi  situali ini, kita mewajibkan kepada dosen-dosen  untuk satu bulan kedepan ini, itu tidak ada kulia bertatapan langsung, tapi kita harapkan kulia secara online melalui link unp,termasuk juga mata kulia praktek,  kita alikan dalam bentuk penugasan-penugasan dengan melalui  aplikasi online  yang sudah disediak atau lewat media – media lain. 

Lebih lanjut Ganefri mengatakan,  yang penting proses akademik,  proses  pembelajaran  tidak terganggu, tetapi mahasiswa  kita hindari untuk berkumpul ramei-ramei  sehingga kalau mereka  beramei-ramei  dengan  kantak langsung itu jaga bisa mengakibatkan penularan, walaupun corona itu belum ada misalnya tetapi kita perlu menjaga , mengantisifasi  karna lewat sentuhan-sentuhan tersebut  virus itu muda tertular daya tahan tubuh juga akan menurun.ulasnya   

Kita dengar kemaren di RS M jamil  sudah ada suspek,  ini sangat berbahaya, jadi kejadian yang dialami indonesia saat ini, sudah cukup serius.  kita melihat tidak begitu tetapi ternyata luar biasa wabahnya  seperti di eropa, kita juga sudah melihat karakter isinya pada suhu 28 derajat cc  virus tersebut  akan sulit barkembang  maka didaerah-daerah yang lembab / dingin  kita akan melakukan antisifasi .

Sebenarnya wisuda ini ingin kita tunda, tetapi memikirkan kepentingan masyarakat dan  mahasiswa orang tua dan keluarga mereka sudah datang jauh-jauh kisini, dari berbagai daerah untuk menyaksikan anak-anaknya wisuda, jadi kalau kita pending kasihan sudah jauh-jauh datang kisini.

Dan juga mahasiswa berasal dari luar negeri ada 25 orang mahasiswa, yang berasan di 4 negara, yaitu; mianmar, tailan pilipina, dan malaisya.  kita akan temui mereka  bagai mana keputusan mereka , apakah mereka ingin pulang kenegaranya akan kita pulangkan, tetapi melihat situasi seperti ini, sangat tidak mungkin karna negaranya lebih parah penularan virus tersebut dibanding indonesia.

Karena kalau kita tidak hati-hati dalam pemindahan masyarakat ini, keluar kota atau keluar negeri  bisa saja berakibat fatal. Sekarang  unp melakukan Larangan penugasan dosen-dosen  keluar negeri  termasuk ke luar daerah kita rekomendasikan,  saya anjurkan untuk mengurangi  aktivitas keluar daerah. ujarnya

Kalau kegiatan rapat, ujian, disertasis, tesis , magister , mimbingan juga, bimbingan sikripsi, bimbingan tesis,bimbingan insertasi, tidak terganggu , semua dosen sudah komit melalui line, email, semjua  melalui pasilitas IT.

Dan mahasiswa kita yang ada di luar negeri  karena ada kegitan studien mobility ada 8 orang kita akan segerah pulangkan, tapi  yang ada di malaisya mengambil s3 dan di eropa mengambil s3 juga sudah kembali ke  unp. Begitu juga Pertemuan internasional ada 27 pertemuan yang di undur dalam bulan ini saja ada 6 pertemuan yang di pending,  pertemuan bulan juni, bulan juli, kita pending, mungkin bulan november itupun melihat situasi. tutupnya (Ay)

#tafch

Post a Comment

0 Comments