Polres Payakumbuh Terapkan Layanan Besuk Video Call, Gratis.

Tahanan video call dengan keluarga (foto by Humas Polres Payakumbuh) 
IMPIANNEWS.COM 
Payakumbuh, --- Khusus untuk layanan besuk tahanan yang biasanya dilakukan secara fisik atau bertatap muka langsung setiap hari Selasa dan Kamis dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB, kini digantikan dengan layanan besuk online dengan fitur layanan video call secara gratis.

Informasi tersebut disampaikan Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH melalui Kasat Tahanan Dan Barang Bukti (Tahti) IPTU Maisir saat diwawancarai di ruang kerjanya, Minggu (29/03/2020) siang. 

“Di ruang tahanan tersedia 3 unit handphone yang disusun dengan jarak aman lebih dari 1 meter. Pembesuk dapat menggunakan layanan ini baik melalui Website Polres Payakumbuh ataupun aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh“, ujar Maisir.

Maisir menambahkan “isi dulu formulir pendaftaran dengan memasukkan data nama pembesuk, alamat, nomor handphone, nama tahanan yang akan dibesuk, hubungan dengan tahanan, tentukan waktu besuk sesuai jadwal besuk online, lalu kiirmkan foto KTP“

Waka Polres tinjau penggunaan video call  
Setelah itu, kata Maisir, petugas akan menghubungi pembesuk sesuai urutan pendaftaran dengan mengirimkan link video call aplikasi “zoom” atau langsung menggunakan fitur video calll via whatsapp.

“Selain melalui Website Polres, aplikasi android Polisiku juga mengakomodir kedua akses tersebut form pendaftaran online, status konfrimasi pendaftaran, link zoom atau akses ke video call via whatssapp. Berikut linknya untuk mengakses layanan besuk online tersebut, silahkan klik : Website Polres Payakumbuh dan “Aplikasi Android Polisiku Polres Payakumbuh“, sambung Kasat Tahti,.

Kapolres Payakumbuh mengatakan “sekalipun ada pembatasan secara sosial, bukan berarti kita putus ikatan sosial tahanan dengan keluarganya. Hak dasar tahanan, kebutuhannya untuk berkomunikasi dengan keluarga juga perlu dipenuhi. Mereka bisa saling menguatkan satu sama lain apalagi di tengah merebaknya wabah Corona saat ini”.

Kapolres Payakumbuh sempat bercerita bahwa berulang kali tahanan mengucapkan terima kasih kepadanya saat uji coba layanan video call ini, Minggu (29/3/2020) di rumah tahanan Polres. 

“Mereka sangat senang dan berterima kasih atas layanan ini, terima kasih pak Kapolres, terima kasih pak“, ujar Kapolres Payakumbuh. (rel/014)

Post a Comment

0 Comments