Peringatan Peristiwa Situjuah ke 71 Tahun 2020

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan upacara peringatan Peristiwa Situjuah tahun 2020 di Lapangan Khatib Sulaiman Nagari Situjuah Batua Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Rabu, (15/01/2020)

Upacara Peringatan Peristiwa Situjuah ke 71 tahun 2020 ini dihadiri oleh Bupati Lima Puluh Kota Ir.H.Irfendi Arbi, MP, Forkopimda, DPRD,  TNI, POLRI, Veteran, Kepala OPD, Niniak Mamak, Alim Ulama, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat, Pelajaran dan Mahasiswa, serta tamu undangan.

Sebelum upacara dimulai, diceritakan kisah awal terbentuknya PDRI hingga terjadinya peristiwa penyerangan tentara Belanda terhadap para pejuang Indonesia di Lurah Kincia Situjuah Batua. Bupati Lima Puluh Kota Ir. H. Irfendi Arbi, MP bertindak sebagai Inspektur upacara.

Dalam amanatnya, Bupati Irfendi Arbi menyampaikan Peristiwa Situjuah merupakan peristiwa pahit dalam sejarah mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dimana pejuang kita Khatib Sulaiman dan para syuhada lainnya telah gugur saat diserang tentara Belanda di pagi buta setelah membicarakan strategi keberlangsungan bangsa Indonesia melawan penjajahan Belanda.

"Peristiwa tersebut meninggalkan nilai-nilai perjuangan, keberanian, dan patriotisme, sehingga patut dikenang sepanjang masa dengan mengisi hari-hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif.", ungkap Bupati Irfendi Arbi.

Dipenghujung upacara terdapat beberapa acara tambahan berupa penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba Pokja Nagari Situjuah Batua yang terdiri dari Lomba Jorong Bersih, Lomba Balita Sehat, Lomba TK, Lomba Toga, Lomba Masjid dan Mushala, dan Lomba Kader Posyandu.

Kegiatan peringatan Peristiwa Situjuah selanjutnya dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan di Lurah Kincia dengan melakukan penaburan bunga di makam para syuhada yang gugur dalam Peristiwa Situjuah. Mudah-mudahan arwah para syuhada kita diterima disisi Allah SWT.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.