Kankemenag Kota Bukittnggi Harap KPPL Bisa Lahirkan Buku

IMPIANNEWS.COM
Bukittinggi, --- Komunitas Pengiat Penulis Literasi (KPPL) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi mengadakan kegiatan Kelas Menulis Buku bertempat di Hotel Pusako Bukittinggi 11-12 Januari 2019 lalu bersama Media Guru Indonesia. 

Kegiatan ini dalam rangka membiasakan diri untuk menulis di kalangan tenaga pendidik, para pejabat, ASN, Penghulu, Penyuluh, Mahasiswa dan siswa di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dalam bentuk buku.

Kegiatan tersebut turut di Hadiri Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat diwakili Kabid Pendidikan Madrasah H. Syamsul Arifin tersebut di dampingi Ka. Kankemenag Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi H. Abrar Munanda menyampaikan bahwa menulis adalah sarana penyaluran inspirasi dalam berbagai wawasan, ide dan pemikiran. Sehingga Hasil karya tulis ini dapat bermanfaat bagi orang lain.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada teman-teman Komunitas Penulis Pengiat Literasi di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi yang hari ini mengikuti semacam kegiatan menulis Buku bersama Media Guru Indonesia. Ini merupakan satu langkah yang lebih maju lagi dengan mengerakkan budaya membaca, menulis dan menganalisa, kita berharap kedepan dapat lahir karya-karya besar dari komunitas Penulis Pengerak Literasai di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi," kata Tokoh literasi di Lingkungan Kankemenag kota Bukittinggi ini.

Kegiatan kelas menulis ini diharapkan dapat melahirkan pembuat karya ilmiah berupa makalah, artikel, buku dan sebagainya sebagai wujud penyaluran bakat, kemampuan mengeloah, menganaisa selanjutnya mengkolabarasikan berbagai referensi, yang dipadukan dengan imajinasi seseorang. Perpaduan berbagai hasil kreasi seseorang, selanjutnya diolah hingga menjadi satu karya tulis. 

"Cukup banyak beredar karya-karya tulis berupa buku yang di lahirkan Komunitas Penulis Pengiat Literasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi dan sudah di lounching oleh Bapak Kepala Kanwil Kemenag Sumtera Barat ketika peringatan Hari amal Bakti Kementerian Agama ke-74 beberapa waktu tyang lalu," tuturnya.

Selanjutnya Tokoh Pengiat Literasi di Lingkungan Kankemenag kota Bukittinggi berharap dengan tidak hanya diikuti para guru, akan tetapi juga pejabat, pegawai, penghulu, penyuluh, mahasiswa dan siswa dlingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi akan menambah koleksi karya tulis berupa buku dalam wadah Komunitas Penulis Pengiat Literasi di Kota Bukittinggi. 

"Tulisan yang paling berharga ialah buku karena buku mempunyai usia yang panjang bahkan melebihi usia penulisnya yang di baca generasi-generasi selanjutnya. Siapa saja yang ingin menulis bisa bergabung dengan KPPL khususnya KPPL di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi," tutupnya.

Ka. kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat melalui Kabid. pendidikan Madrasah H. Syamsul Arifin menyampaikan Seiring perkembangan zaman, dengan kemajuan arus teknologi dan informasi saat ini, sudah saatnya kita mampu menulis satu buku tidak hanya untuk para guru, akan tetapi juga ASN, pejabat, Penghulu, Penyuluh, Mahasiswa dan siswa. Menulis bisa menjadikan cerdas, kreatif, dan mandiri. ini merupakan terobosan yang sangat baik semoga kedepannya kegiatan ini dapat membumikan literasi di lingkungan kementerian agama Kota Bukittinggi.

”Insya Allah secara bertahap KPPL ini akan di kukuhkan di seluruh Kankemenag Kab/Kota se- Sumatera Barat,” tuturnya (Sy)

Post a Comment

0 Comments