Limapuluh Kota Butuh Pasar Benih Ikan Permanen

IMPIANNEWS.COM
PAYAKUMBUH, --- Tidak dipungkiri bahwa puluhan pedagang benih ikan yang mengelar dagangannya di pasar Ibuah Payakumbuah setiap minggunya  berasal dari Nagari Mungo, Andaleh dan Bukik Sikumpa yang semuanya berada di Kecamatan Luak dan Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota belum punya kios permanen untuk memasarkan benih ikannya.

Akan tetapi, sampai kini lokasi sebagai pemasaran benih ikan masyarakat berada di Pasar Ibuah dalam kawasan Kota Payakumbuh yang digelar setiap hari Minggu. Namun, Kios untuk pemasarannya  belum tersedia secara permanen. Puluhan pedagang benih ikan hanya disediakan tempat sementara di pasar Ibuah Barat, dekat pinggiran Batang Agam.

“Kabupaten Limapuluh Kota hendaknya kedepan mempunyai pasar dan kios yang permanen dan modern untuk memasarkan benih ikan. Untuk mewujudkan ini, diharapkan kedepannya Dinas Perikanan diminta bisa membuat terobosan buat pengembangan pasar benih ikan di Kawasan Kabupaten Limapuluh Kota. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani pembudaya ikan “ Ujar  Virmadona. S.Sos  Dt. Rajo Indoputo Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Limapuluh Kota  saat mengunjungi Pasar Ibuah - Payakumbuh dan bertemu dengan pedagang Benih Ikan Budi Hartono Asal Jorong Rageh Nagari Bukik Sikumpa,dan Masrus Ketua Kelompok Perikanan asal Nagari Andaleh, Minggu (15/12/2019). 

Lebih lanjut Virmadona.S.Sos Dt. Rajo Indoputo menyampaiakan “ Apabila Kabupaten Limapuluh Kota mempunyai kios dan tempat pemasaran benih ikan yang permanen dan modern tentu saja masyarakat pembudidaya ikan dari berbagai daerah, termasuk dari Provinsi Riau, yang biasanya banyak membeli benih ikan di Pasar Ibuh setiap minggunya bisa datang ke sentra kios penjual benih ikan kapan saja tidak menunggu hari Minggu . Dan Pemerintah dapat memungut retribusinya yang merupakan potensi untuk mendatangkan Pendapatan Asli Daerah yang sekarang ada tiga macam retribusi yang dibayar oleh masyarakat dalam menjalan operasinal menjual benih ikan di Pasar Ibuah“ Ungkap  Virmadona Dt.Rajo Indoputo  Politisi muda dari Partai Gerindra yang berasal dari Nagari Bukik Sikumpa.

Virmadona optimistis, Limapuluh Kota dapat  tampil menjadi penghasil benih ikan  Gurami, Nila dan Ikan Hias  terbaik di Sumatera Barat . Sebab, pembudidaya ikan di daerah ini terutama di Nagari Mungo,  Andaleh dan Bukik Sikumpa terbilang sudah berpengalaman dalam pembibitan dan budidaya ikan, serta memiliki potensi alam dan pengairan yang mendukung.

"Dari data lapangan , Kabupaten Limapuluh Kota adalah produsen bibit Ikan Gurame (Kaloi), Nila dan Ikan Hias. Saya minta Dinas Perikanan membuat inovasi untuk mewujudkan pengembangan usaha perikanan air tawar tersebut dan Komsi III akan mendukung hal itu demi kemajuan dan mensejahterakan masyarakat Limapuluh Kota kedepannya " . ungkap Virmadona yang terkenal sederhana dan disiplin serta berpikiran cerdas tersebut.

Ditambahakan “ Lokasi yang tepat untuk  membangun Pasar Benih Ikan Permanen tentu pada lokasi yang punya sumber pengairan yang bagus , seperti di Batang Tabik Nagari Sungai Kamuyang“ tukuk Virmadona saat ditanya wartawan.(014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.