Gelar Bhakti Sosial, Polri Semakin Di Hati Warga Luak Limopuluah

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal bersama Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan SIK MH dan jajaran adakan bhakti sosial dan kesehatan.

Kegiatan bhakti tersebut bertema 'Polri bantu masyarakat, dekat dengan masyarakat, dipercaya masyarakat', dipusatkan di Mapolres Payakumbuh, Kamis (12/12/2019) tampak dihadiri Bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi bersama Kapolres Lima Puluh Kota Sri Wibowo beserta istri, serta dimeriahkan artis ibukota Kintani.

Adapun bentuk bhakti yang digelar jajaran Polda Sumbar di wilayah hukum Polres Payakumbuh yang dimulai pukul 07.00 WIB adalah sebagai berikut : Pengobatan gratis, berupa pemeriksaan kesehatan umum yang diikuti 381 Orang. Sunatan massal gratis yang diikuti sekitar 1000 anak dipusatkan di TK Bhayangkari. Sosialisasi Perawatan Gigi diikuti 200 orang. Penyuluhan KB dan dan tes Iva diikuti 69 orang dan Donor Darah yang diikuti 18 orang.

Sedangkan, bhakti sosial yang dilaksanakan adalah berupa giat penyerahan tali asih kepada 10 orang peserta sunatan massal, 10 orang fakir miskin yang kondisinya sangat membutuhkan bantuan. Penyerahan bantuan kepada Pengurus Ponpes Al Manaar Nagari Batu Hampar. 

Bantuan kepada Pengurus Panti Asuhan Bustanul Ulum Situjuh Banda dan 5 orang perwakilan anak yatim. Pengurus Panti Asuhan Ibrahim Situjuh Batur dan 5 orang perwakilan anak yatim. Serta penyerahan bantuan kepada 3 Orang perwakilan korban banjir dari Jr Padang belimbing, Jr Kubang Rasau dan Jr Ranah nagari, Kec. Lareh Sago Halaban.

“Bakti sosial ini dilakukan untuk menjalin silaturahmi bersama tokoh masyarakat dan alim ulama beserta masyarakat wilayah hukum Polres Payakumbuh,” kata AKBP Dony Setiawan dalam sambutannya. 

Dony menambahkan bakti sosial ini juga bertujuan agar personil Polri lebih dekat dengan masyarakat. Sebaliknya, masyarakat pun agar tidak sungkan meminta bantuan kepada polisi.

“Mewakili seluruh anggota Polres Payakumbuh, saya meminta maaf apabila masih ada kekurangan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kami akan terus bekerja guna meningkatkan pelayanan maupun kegiatan lainnya,” tukasnya.

Sementara, Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal mengatakan, bakti sosial yang dilaksanakan di Payakumbuh adalah yang kedua kalinya. Sebelumnya di Polres Pariaman.

"Kami melaksanakan bakti sosial di setiap kota dan kabupaten di sumatra barat ini, yakni di 19 kabupaten dan kota.merupakan kali kedua bakti sosial ini kami laksanakan, yang sebelumnya dilaksanakan di Polres Pariaman" ulas Kapolda Sumbar dengan ciri khas berkumis tebal tersebut. 

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal mengatakan kegiatan bakti sosial ini kerjasama antara kepolisian Sumbar bersama pihak terkait dalam rangka membantu masyarakat membutuhkan kesehatan. 

“Selain sunat masal gratis menurutnya, dengan kegiatan bakti sosial dan Bakti kesehatan ini mudah-mudahan akan membangun sinergitas antara polri dan masyarakat. 

“Bahwa masyarakat adalah mitra yang ikut menentukan keberhasilan tugas-tugas Polri di lapangan,”sebutnya.

Ia berharap, melalui kegiatan ini dapat terwujud kedekatan antara polri dengan rakyat dan polri semakin dipercaya oleh masyarakat dan akhirnya Polri dicintai oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan kegiatan Bhakti Sosial ini dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Walaupun dalam lingkup kecil namun dapat membantu program pemerintah untuk menciptakan keluarga yang berkualitas,”jelasnya.

"Bhakti sosial kesehatan yang diselenggarakan oleh Polda Sumbar dan Polres Payakumbuh beserta Polres 50 Kota ini, juga bekerjasama dengan berbagai pihak seperti BKKBN dan PMI,"tandas Irjen Pol Fakhrizal terima Pena Emas dan Dasi dari Presiden Turki Erdogan

Di TK Bhayangkari dimana dipusatkan sunatan massal gratis terhadap 1000 peserta. Meski antrian tidak menyurut warga penerima manfaat dari Luak Limopuluah. 

"Kita selaku orangtua merasa sangat terbantu dengan bhakti masyarakat yang dilaksanakan jajaran Polda Sumbar bersama Polres Payakumbuh. Disamping gratis, anak kami Muhammad Alif (10) juga menerima paket yang berisi kain sarung, snak berat, obat-obatan, serta surat dispensasi tidak masuk sekolah. Kalau kita sunatan di luar lumayan lah dananya,"terang bahagia Novianto Nizar ayah dari Muhammad Alif warga Kapalo Rimbo kelurahan Kapalo Koto Dibalai. 

"Selain itu mertua laki-laki saya juga ikut pemeriksaan kesehatan gratis, tadi pagi. Terima kasih Pak Kapolda dan Kapolres Payakumbuh,"tandas Nov. 

Terpisah, Iyuh (82) salah seorang masyarakat yang ikut pada pengobatan gratis itu, mengatakan sangat terbantu dengan kegiatan bakti kesehatan tersebut.
Iyuh mengaku dalam beberapa bulan terakhir tak enak badan. Faktor usia salah satu yang menjadi penyebabnya. Termasuk indra pendengarnya yang tak lagi berfungsi secara normal. Dirinya berharap semoga setelah melakukan pengobatan gratis ini, mudah-mudahan ada keringanan atas penyakit yang dideritanya.

Dalam bakti kesehatan tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat utama Polda Sumbar, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, S.Ik, Kapolres 50 Kota AKBP Sri Wibowo, S.Ik, Ketua Bhayangkari Daerah Sumbar Ny. Ade Fakhrizal beserta Pengurus Bhayangkari Daerah Sumbar.(014)


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.