Pesona Ayat Dari Tangan Lelah Peserta

IMPIAMMEWS.COM.(Pasaman). 

Salah satu cabang yang menarik untuk dilihat di helatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Pasaman ke 47 tahun 2019 adalah khatil quran atau sebutan lain kaligrafi.

“Khususnya di golongan kontemporer”,ujar panitera khatil quran Sabri Selasa (19/11).

Sabri menyebutkan pada cabang ini ada sebanyak 78 peserta dari dua belas kafilah se kabupaten yang berkompetisi di empat golongan yakni naskah, hisan mushaf, dekorasi dan kontemporer.

“Musabaqah dimulai sehari ini di SMPN 1 Padang Gelugur”,terangnya.

Lanjutnya, waktu yang ditetapkan hingga pukul 17.00 WIB nantinya akan ditentukan disetiap golongan pemenang pertama hingga harapan tiga baik untuk putra juga putrid.

Salah seorang masyarakat Ahmad yang menyaksikan jalannya musabaqah golongan kontemporer terpesona dengan goresan-goresan lentur memainkan kuas dari tangan para peserta yang seketika tergambar ayat-ayat quran membentuk pemandangan indah.

“Meski terlihat lelah, namun mereka tampak semangat dan optimis meraih yang terbaik”,tuturnya.

Koordinator Dewan Hakim kaligrafi Yulius Sabri menjelaskan, khatil quran adalah salah satu cabang yang acap dimusabaqahkan dalam MTQ mulai daerah hingga nasional termasuk di Kabupaten Pasaman yang setiap tahun menggelar kegiatan keagamaan ini.

Ia menyebutkan, bahwa seni kaligrafi ini telah banyak diminati oleh kaum muda di ranah Pasaman ini baik naskah, hiasan mushaf, dekorasi maupun kontemporer. Ini dilihat dari pelaksanaan, setiap tahun munculnya peserta-peserta baru.(suf78)

Post a Comment

0 Comments