Pemprov Sumbar Helat Festival Ecraft 2019 di Kota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kota Payakumbuh didaulat sebagai pusat penyelenggaraan Festival ekonomi Kreatif tingkat provinsi Sumatera Barat tahun 2019. Iven ekonomi kreatif bertaraf provinsi ini berlangsung selama 2 hari dan direncanakan akan dibuka anggota DPD RI sekaligus Ketua Dekranasda Sumbar, Nevi Zuarina Irwan Prayitno, Sabtu (23/11/2019).

Sebagaimana diimformasikan Kepala Disparpora Sumbar melalui Kabid Pengembangan e-craft, Derliati,  M. M. Pd Jumat (22/11/2019) saat jumpa pers di Aula Randang Lantai II Gedung Balai Kota Payakumbuh. 

"selama ini, iven provinsi selalu dipusatkan di Kota Padang, akibatnya pemprov Sumbar hanya bisa mengamati hasil jadi saja di stand pameran atau festival. Atas inisiasi pimpinan, iven provinsi kita coba helat di daerah. 

Menurut Delramiati yang akrab disapa Del ini, didaulatnya Payakumbuh sebagai tuan rumah disebabkan berbagai hal. Diantaranya kesiapan panitia lokal lengkap dengan EO nya. Selain itu Pemko Payakumbuh siap dengan pengembangan ikon kota, yakni Payakumbuh Kota Randang.

Pemko Payakumbuh semakin gencar mewujudkan ikonnya Payakumbuh Kota Randang, dan wajiblah hukumnya pemprov Sumbar mendukungnya. Sehingganya nanti juga diakui keberadaannya oleh UNESCO PBB, setelah Sawahlunto. Yaitunya Randang sebagai kuliner terlezat di dunia. Karena sebuah pengakuan akan melahirkan banyak keuntungan. Namun perlu diingat, untuk mendapatkan pengakuan butuh kerja ekstra. Dan itu sudah upayakan jajaran Pemko Payakumbuh secara gencar dengan UKM dan segala fasilitas pendukungnya, "terang Delramiati didampingi Kasi Pengembangan kelembagaan dan Kerjasama, Ernida Zahlia S. Sos bersama Imelda Morgan ss dan beberapa orang staff, kepada puluhan awak media dari Balai Wartawan Luak Limopuluah. 

"Pihak pemprov akan selalu mendorong agar daerah berinovasi membangun nagari, sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014,"tegas Delramiati.

Turut hadir dalam Jumpa Pers siang itu, Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Yusnita Zubir Riza Falepi bersama staff ahli Elfriza Zaharman, Kadis Nakerperin Wal Asri, Kadisparpora Andiko Jumarel, Kabid Humas Irwan Suwandi dan pejabat terkait. 

Terkait teknis pelaksanaan acara, Ketua panitia pelaksana Irwandi dalam laporannya memaparkan agenda kegiatan sekaligus peserta festival ekonomi kreatif yang berasal dari 19 kota dan kabupaten di Sumatera Barat untuk selanjutnya mengisi stand yang sudah disiapkan panitia pelaksana. 

"Setidaknya ada 4 kegiatan inti yang akan dirangkai dengan kegiatan kerakyatan, yakni lomba Marandang (membuat Randang) dilanjutkan Makan Bajamba (makan bersama), Festival ekonomi Kreatif dan Panggung Hiburan. Adapun rangkaiannya, penampilan silat, kuliner khas Payakumbuh, permainan anak nagari serta diramaikan artis Minang Anroys dan Elsa Pitaloka. Mari kita sukseskan dan mohon dipublikasikan oleh rekan media, "lapor Irwandi yang dikenal akrab dengan para wartawan ini.

Dijelaskan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Padang, Kota Solok, Kota Sawahlunto, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kota Bukittinggi, sudah mendaftarkan diri. Selain itu, sebut Irwandi pihak panitia juga siapkan stand untuk pelaku UMKM Kota Payakumbuh. 

Harapan senada juga disampaikan Henny Riza Falepi, dirinya berharap agar awak media ikut memboomingkan kegiatan tersebut.

Pemko Payakumbuh sudah siapkan fasilitas demi suksesnya festival ini,  termasuk hastag kegiatan yaitu #minangmarandang
#randangpayakumbuh. Ini semua bukti keseriusan pemerintah. Mohon dukungan kita bersama, "pinta Henny.

Terkait supor pemerintah pusat terkait ikon Kota Payakumbuh,  Kadis Nakerperin Wal Asri menerangkan bahwa Menteri Naker RI melalui kepala biro perencanaan sangat mendukung. Menurut informasi dari Wal Asri, bahwa satu daerah harus punya satu ikon Dan berbeda dengan ikon daerah lain.

"ikon Kota Randang adalah satu-satunya milik Kota Payakumbuh, bukan daerah lain, "Wal Asri pastikan.

Demi semaraknya Festival ekonomi Kreatif tingkat Sumbar tahun 2019 di Kota Payakumbuh tepatnya di Medan Nan bapaneh objek wisata ngalau indah tanggal 23 dan 24 November 2019, pihak Pemko Payakumbuh juga bakal mengadakan lomba fhoto marandang (proses membuat randang). Pihak Pemko Payakumbuh sudah siapkan hadiah menarik. (014)


Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.