Jesse Awart Kembali Unggul, Pembalap Iran Kecelakaan di Etape III TdS Tahun 2019

IMPIANNEWS. COM
Limapuluh Kota,  --- Iven internasional Tour de Singkarak (TdS)  tahun 2019 untuk Etape III (Limapuluh Kota - Kota Padang Panjang) menempuh jarak 125,6 KM dengan Start  di Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh, Senin (4/11/2019).

TdS di Etape III ini dilepas langsung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit  bersama Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didampingi pimpinan OPD terkait dan panitia pelaksana. Setidaknya ada 3 titik Sprint dan Titik King of Mountain (KOM) ditentukan Race Directur TdS 2019.

Meski menerjang medan dengan lintasan yang lebih berat,  namun para pembalap mendapatkan suasana tersendiri untuk sejenak menyegarkan dengan keindahan alam tanpa mengurangi konsentrasi dan durasi laju balapan. Setelah dimanjakan keindahan Lembah Harau,  kelok Sembilan, Paringan dan Mifan sebagai bentuk upaya mempromosikan Sumatera Barat di dunia internasional. 

Dalam sambutannya,  Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi menjelaskan kepada para hadirin bahwa Pemkab Limapuluh Kota akan tetap menjadikan Lembah Harau sebagai titik start disetiap iven TdS.  Menurutnya Lembah Harau punya daya tarik tersendiri dan sudah dikenal di mancanegara. 

Membuka kegiatan,  Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit sebut bahwa TdS membuat Sumbar dikenal di internasional dan sudah masuk agenda tahunan UCI. Dirinya berharap iven TdS dapat dikelola dengan orientasi kenyamanan para tamu,  sekaligus sebagai upaya pencitraan destinasi wisata Sumbar. 

"Sangat banyak nilai strategis yang ingin Sumbar capai. Jadi bukan sekedar balapan semata. Kita ingin meningkatkan potensi dan edukasi masyarakat tentang keanekaragaman. Pemprov Sumbar memposisikan TdS dalam kalender UCI, sebagai iven balapan berkelas dunia. Iven tersebut tentunya menjadi magnit bagi warga Sumatera Barat, sendiri. Dibuktikan dengan minat warga untuk gowes.  Bahkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lintas sektoral.  Mari kita siapkan infrastruktur terstandar khususnya untuk iven TdS,  sehingga pertumbuhan ekonomi ikut merata dengan iven internasional ini. Bukan menumpuk di satu daerah semata, di Padang atau di Bukittnggi. Tapi bisa merata,"sebut Nasrul Abit.

Di Etape III Tour de Singkarak 2019, ada salah seorang pembalap asal Iran yang mengalami kecelakaan akibat bersenggolan sesama. 

"Tadi memang ada satu pebalap yang masuk ke IGD, ada indikasi dirawat, tapi dia istrihat di ruang VIP saja. Setelahnya dijemput sama timnya dan Dinas Kesahatan," kata Kepala Ruangan IGD RSUD dr Adnan WD, Kota Payakumbuh, Fitrayati, Senin (4/11).

Kondisi itu juga dibenarkan Kadisparpora Limapuluh Kota, Nengsih.

"Pebalap itu bernama Amien Husein itu langsung dinaikkan ke mobil ambulan dan dilarikan ke RSUD Adnan WD Payakumbuh. 
"Tadi ada pebalap bersenggol dan terjatuh. Kondisi sudah membaik dan tidak ada masalah. Cuma lecet sedikit di bagian kaki. Usai perawatan ringan,  langsung boleh pulang," terang Nengsih Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Limapuluh Kota.
Lebih lanjut dia menyebut, kalau pebalap yang sempat masuk IGD itu berasal dari Irak. Namun nama pebalap itu tidak diketahuinya dengan pasti. "Yang pastinya asalnya dari Irak," katanya.

Untuk Etape III ini sebagaimana informasi dari rekanan awak media dari Kota Padang Panjang,  bahwa Jesse Awart kembali unggul. Setelah di dua etape sebelumnya dirinya juga unggul. 

Diketahui pembalap Australia bernama Jesse Awart dari tim Sapura Cycling Team (SCT) Malaysia. Jesse mampu menuntaskan jarak 125,6Km dengan waktu 5 jam 25 menit 53 detik.

Rute
Seperti diketahui, untuk etape III TdS 2019 mengambil titik start di kawasan Air Terjun Aka Barayun Harau, kemudian melintasi Sarasah Buntah, kemudian melewati jalan baru yang keluar dari simpang dinas perikanan. Sesampai di gerbang luar Harau peserta akan belok kiri menuju Kelok Sembilan dan sesampainya di sana akan kembali putar balik melintasi Kantor Bupati Limapuluh Kota, Tanjung Pati, Batu Balang, Taram dan melintasi kawasan Pasar Taram dan Andaleh.

Setelah Andaleh, selanjutnya peserta belok kiri menuju arah Lintau, kemudian nantinya belok kanan arah Padang Mangateh, Dendipur, selanjutnya menuju Simpang Tanjuang Kaliang, lalu Labuah Basilang.

Sesampai di Labuah Basilang akan belok kiri menuju arah Polres, Limbukan, Kantor KAN Limbukan, hingga nantinya sampai di Simpang Ngalau.

Selanjutnya belok kiri hingga masuk kawasan Jalan Bukittinggi-Payakumbuh, dan sesampainya di Jalan Soekarno Hatta belok ke arah Jalan Bypass melintasi fly over hingga sampai ke Simpang Taluak, kemudian belok ke kanan, sampai ke Simpang Jambu Aia kemudian belok kiri melintasi jalan Bukittinggi-Padang Panjang.
Sesampainya di Padang Panjang, peserta akan melintas kawasan Terminal Busur,  menempuh Jalan M Yamin, Jalan Soekarno Hatta, kemudian belok kanan menuju Jalan Bahder Johan, Jalan Agus Salim, Jalan Tanjuang, Simpang Empat Bukik Kanduang, Jalan Bypass kacang Kayu, Jalan Hamka, Jalan Ahmad Yani, Simpang Empat Hasiba, Jalan KH Ahmad Dahlan, Jalan Sudirman, Simpang Tiga PDAM.

Kemudian masuk ke jalan Soekarno Hatta, belok kanan ke Jalan Bahder Johan, Jalan H Agus Salim, Simpang Empat Hasiba, Jalan KH Ahmad Dahlan hingga finis di Jalan Sudirman Padang Panjang. (014)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.