Wabup Ferizal Ridwan Minta DPRD Jalankan Fungsi Ideal

IMPIANNEWS.COM
Lima Puluh Kota, --- Wakil Bupati Lima Puluh Kota Ferizal Ridwan dalam sambutannya pada sidang Paripurna istimewa pengucapan sumpah dan janji 2 Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota, Jumat (04/10/2019) meminta kepada Pimpinan wakil rakyat dan jajaran untuk mengoptimalkan fungsi ideal DPRD sebagai lembaga legislatif yang menjalankan peran sebagai pejuang aspirasi rakyat, melahirkan Perda, penganggaran dan kontrol pelaksanaan perda dan pemerintahan.

Dihadapan anggota legislatif, forkopimda dan undangan, Wakil Bupati Ferizal Ridwan menyindir perilaku politisi dan birokrasi yang cenderung lebih banyak menggunakan anggaran APBD untuk kegiatan perjalanan dinas pada penghujung tahun anggaran 2019, dari pada memikirkan kebutuhan rasional. Seakan akan seperti ada sebuah perselingkuhan antara DPRD dengan Pemerintah Limapuluh Kota.

"Kami mohon DPRD jalankan fungsi idealnya,"sebut Ferizal Ridwan.


Dalam kesempatan itu, Ferizal juga menyoroti pengesahan APBD Perubahan 2019 Limapuluh Kota yang terkesan dipaksakan. Pasalnya, dari pembahasan hingga ketok palu, legislatif dan eksekutif hanya membutuhkan waktu 6 hari.

Wabup juga berharap DPRD dapat memberlakukan aturan setiap melaksanakan agenda Sidang atau Rapat Paripurna jika seandainya Bupati berhalangan hadir. Sebab, seringkali yang mewakili Bupati adalah Pejabat Eselon II. Padahal, ia menyebut, dirinya selalu berada di kantor ketika Bupati ke luar daerah.

"Saya harap DPRD tidak lagi menerima pejabat eselon II jika Bupati berhalangan hadir. Sedangkan saya ada di tempat (Kantor Bupati-red). Yang harus mewakili Bupati saat itu adalah saya selaku WaKil Bupati. Ini konstitusi sebagaimana diatur pada pasal 148 UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,"sebut Ferizal Ridwan selaku bagian dari Dwi Tunggal di Pemkab Limapuluh Kota

Dikatakan Ferizal Ridwan bahwa kunci sukses dalam hidup ada 2, yakni bersyukur dan berterima kasih. Termasuk kepada rakyat yang berjasa pada kita, yaitu mempercayakan aspirasi kepada kita. Marilah kita senantiasa saling bersilaturahim, saling berkunjung dan saling mendoakan.

"Dengan pelantikan hari ini kita berharap kinerja DPRD semakin optimal. Makin meningkat kualitas sidang karena Kelembagaan dprd sudah lengkap. Tiada lagi stagnan. DPRD bisa lebih fokus membahas anggaran 2020 yang sudah pemkab ajukan sesuai regulasi berlaku. Kami berharap DPRD mendukung pemerintah melalui kemitraan pemerintah dan swasta. Karena terbatasnya pembiayaan di pemkab Lima Puluh Kota. Yaitu meningkatkan kualitas kerjasama legislatif dan eksekutif dan terhindar dari norma,"pungkas Ferizal Ridwan dengan sebuah pantun.(ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.