SMPN 2 Payakumbuh Juarai Lomba Hafidz 2 Juzz Tk Kota Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Kontingen hafidz SMPN 2 Payakumbuh berhasil menjuarai lomba hafidz 2 juz (juz 29 dan 30) yang digelar Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh seharian Kamis, (03/10/2019) berlokasi di halaman Kantor Dinas Pendidikan di kawasan Bukik Sibaluik Kelurahan Balai Panjang Kecamatan Payakumbuh Utara. 

Lomba hafidz bergrup putra dan putri ini diikuti oleh SMP sederajat di Kota Payakumbuh. Satu kelompok beranggotakan 5 orang hafidz.

Panitia lomba sengaja mengklasifikasikan peserta menjadi 2 kelompok, yaotu kelompok agama dan kelompok sekolah umum. Sebelumnya, pada Rabu (02/10/2019) lomba yang sama juga telah dilangsungkan untuk tingkat SD sederajat.

Saat membuka lomba keagamaan ini, Walikota Payakumbuh diwakili Kepala Dinas Pendisikan AH Agustion menyebutkan bahwa Pemko Payakumbuh komit dengan pengoptimalan program pendidikan karakter, yang salah satu langkahnya adalah penerapan eks hafidz pada sekolah dan madrasah.

Untuk lomba hafidz bergrup setingkat SLTP kategori sekolah umum SMPN 2 Payakumbuh dibawah kepemimpinan Desfiwati berhasil menggondol 2 Juara I di cabang hafidz bergrup putri dan bergrup putri. Keberhasilan ini tentunya membuat bangga keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh yang berlokasi di Jalan Hamka Kaniang Bukik Kelurahan Tigo Koto Dibaruah, ini.

Ungkapan bahagia tersebut sebagaimana diterangkan Desfiwati kepada impiannews.com, pada Kamis (03/10/2019) sore usai memberikan ucapan selamat kepada anak didiknya yang kala itu didampingi Guru PAI Yahya.

"Selamat buat ananda kami yang telah mengharumkan nama SMPN 2 Payakumbuh. Mengikuti lomba ini kami kirim 2 grup sebagaimana aturan dari panpel. Untuk putra kita turunkan Amirul Irfansyah, Khalib Ghadafi, Habiburrahman, Farhan dan Ali Husen. Sedangkan putri kita turunkan Alya Azizah, Sakina Adea Syafitri, Riska Wadillah, Sherli Amanda dan Rihadatul Aisy. Mereka didampingi Guru PAI, kita,"terang Desfiwati.

Digapainya Juara I lomba hafidz 2 juzz bergrup tersebut oleh kontingen SMPN 2 Payakumbuh tentunya butuh perjuangan yang teguh dan penuh kebersamaan dan managerial yang baik dari seorang Kepsek Desfiwati.

"Berdasarkan arahan pimpinan, kita membentuk Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Taman Pendisikan Seni Alquran di SMPN 2 Payakumbuh. Setiap harinya, mulai Senin sampai Kamis, peserta didik mengaji hafidz selama 25 menit pertama, jelang PBM dilangsungkan. Program ekskul TPA / TPSA kita pusatkan latihan pada hari Sabtu mulai pukul 10 - 12 siang dipandu guru PAI ditambah Guru pelatih yang sengaja didatangkan. Sedangkan 1x sebulan, kita juga sengaja mendatangkan ustadz atau pelatih kompeten di bidang hafidz, dari luar. Dukungan walimurid terhadap hafidz ini juga tinggi,"terang Desfiwati.

"Untuk menjadi yang terbaik itu memang butuh perjuangan dan pengorbanan ekstra. Dan ini adalah buah dari pengorbanan itu. Hal ini sangat mahal nilainya bagi kami. Semoga kedepan SMPN 2 Payakumbuh disamping unggul dalam akademik juga unggul dalam religinya. Jadi keseimbangan penguasaan ilmu umum dan keagamaan ada pada diri keluarga besar SMPN 2 Payakumbuh. Sehingga lulusan SMPN 2 Payakumbuh nantinya akan menjadi generasi penerus yang seimbang dunia akhiratnya,"pungkas Desfiwati.

Menjuarainya kontingen SMPN 2 Payakumbuh dalam lomba hafid 2 juz tingkat smp kategori sekolah umum ini juga dibenarkan Sospidarmi salah seorang panitia pelaksana lomba.

"Ya, lomba hafidz telah usai dilaksanakan sore tadi. Dan SMPN 2 Payakumbuh tampil cemerlang. Semua peserta berhasil tampil baik, tentunya 3 dewan juri menetapkan yang terbaik dari yang baik. Juri kita tunjuk tenaga profesional di bidangnya yaitu ustadz Muhammad Ridho, Rizky dan Sepdiwasi. Mereka telah menilai dengan adil sesuai kompetensi,"terang Sospidarmi.

Dikatakan, dengan adanya lomba ini diharapkan akan optimal program pendidikan karakter akhlak mulia di Kota Payakumbuh. Selain itu juga sebagai pendukung terlaksananya program Pemko Payakumbuh melahirkan dan meningkatkan kuantitas penghafal al quran tiap tahunnya.

Berikut nilai dan pemuncak 3 besar lomba hafidz 2 juz bergrup tingkat SMP / MTs se Kota yang digelar Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, Kamis (03/10/2019) 

A. SMP umum :
Putra bergrup
1. 90,6 SMP 2 Payakumbuh
2. 80,1 SMP 1 Payakumbuh
3. 57,3 SMP 3 Payakumbuh
Putri bergrup
1. SMP 2 Payakumbuh
2. 83 SMP 1 Payakumbuh
3. 59 SMP 3 Payakumbuh

B. SMP Keagamaan :
Putra bergrup
1. 99 IC Excellent Payakumbuh
2. 97,8 Al Fath Payakumbuh
3. 97,6 ICBS Payakumbuh
Putri bergrup
1. 99 ICBS Payakumbuh
2. 98 IC Excellent Payakumbuh
3. 97,8 RJ Payakumbuh

Selanjutnya, para pemenang berhak mendapat hadiah pembinaan yang sudah disiapkan panitia pelaksana lomba (ul)

Posting Komentar

[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.