Riza Falepi : Cabe Kopay Andalan Payakumbuh

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- "Beberapa waktu lalu saya diminta salah satu kelompok tani di Payakumbuh untuk memanen cabe merah dilahan pertanian mereka. Ternyata asyik betul memanen cabe. Kata orang yang susah nanamnya, kalau memanen saja memang asyik".

Demikian ungkapan bangga disampaikan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Jumat (06/09/2019) saat memanen Cabe species Kopay (Kota Payakumbuh) ditanam di pekarangan rumah dinas.

Cabe Kopay sendiri sudah tersertifikasi Kementan RI  serta dipuja - puja para petani.

"Oh ya, Cabe merah sendiri merupakan komoditas pertanian yang sangat diminati di Ranah Minang. Mungkin karena selera asli orang minang yang suka pedas. Harga komoditas ini sangat dinamis, bahkan bisa meroket pada waktu-waktu tertentu, biasanya pada musim bulan puasa dan lebaran. Untuk itu kami menganjurkan pada ibu-ibu PKK dan Dasawisma didaerah kami untuk menanam komoditas ini di pekarangan, baik langsung ke tanah atau memakai media tanam seperti polibag,"ajak Riza. 

"Khusus di Payakumbuh, kami punya jenis cabe merah unggulan, namanya Cabe Kopay. Keunikannya, buah cabe jenis ini panjang, bisa mencapai 30 cm. Anda ragu ?. Silahkan berkunjung ke Payakumbuh sambil nikmati sensasi memanen Cabe Kopay dan memakan "samba lado"extra pedas",terang singkatnya kala itu.(ul)

Post a Comment

0 Comments