DPRD Sumbar Gelar Rapat Paripurna Perdana

IMPIANNEWS.COM (Padang).

DPRD Provinsi Sumbar gelar rapat paripurna perdana dalam rangka pembentukan dan penyusuna pimpinan praksi dan penetapan  ketua definitif DPRD sumatera barat priode 2019-2024.
Rapat di gelar senin 23 september di ruang rapat utama DPRD sumbar.

Rapat paripurna ini di buka secara umum oleh ketua sementara DPRD sumbar Desrio putra, dan di hadiri oleh wakil Gubernur sumatera barat Nasrul Abit, Forkopinda dan SKPD serta organisasi politik, Pemuda ormas dan para undangan lainnya.

Paripurna dalam penyusunan ketua dan wakil ketua praksi, juga penetapan ketua dan wakil ketua definitif, Desrio Putra menyebutkan berdasarkan ketentuan di dalam tata tertib DPRD, pembentukan fraksi dilaporkan kepada pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam rapat paripurna dan ditetapkan berdasarkan keputusan DPRD.

Fraksi bukanlah merupakan alat kelengkapan DPRD, Namun, fraksi memiliki peran strategis dalam pelaksanaan fungsi, tugas dan wewenang DPRD terutama dalam penetapan keanggotaan, alat kelengkapan DPRD (AKD)," ujarnya.

Berdasarkan komposisi perolehan kursi partai politik, pada pemilihan umum (Pemilu) 2019, lima parpol memenuhi syarat membentuk fraksi sendiri sedangkan empat parpol, harus bergabung.

Lima parpol yang membentuk fraksi tersendiri adalah Gerindra memiliki 14 kursi, sementara PKS, Demokrat dan PAN masing - masing 10 kursi dan Golkar 8 kursi.

Sedangkan, empat parpol lainnya harus bergabung, karena tidak mencapai 5 kursi, sesuai jumlah komisi. Nasdem (3 kursi) bergabung ke PPP (4 kursi).

Sementara PDIP dan PKB yang memiliki masing - masing 3 kursi juga membentuk satu fraksi.

Selain itu, melalui rapat paripurna ini, juga diumumkan keanggotaan fraksi dan calon pimpinan definitif. yaitu, Calon Ketua Supardi, dengan usulan SK DPP Gerindra nomor: 08-0427/Kpts/DPP-GERINDRA/2019, tertanggal 17 Agustus 2019. Sementara itu,

 3 orang wakl terdiri dari PKS, Demokrat serta PAN yakni, H. Irsyad Syafar,Lc. M.Ed (124/SKEP/DPP-PKS/2019), H. Suwirpen Suib. S. Sos ((73/SK/DPP.PD/VIII/2019) yang kedua SK-nya tertanggal 28 Agustus, dan H. Indra DT. Rajo Lelo. SH. MM (PAN/A/Kpts/KU-SJ/127/VIII/2019, tertanggal 23 Agustus.

Selain usulan pimpina dewan, rapat paripurna juga mengumumkan keanggotaan fraksi-fraksi, dengan pimpinannya, yaitu fraksi Gerindra H.Hidayat.SS.MH, PKS Drs. H. Nurfirman Wansyah, PAN H. Dody Delvy, SE, Demokrat H. Ismet Amzis, ST, Golkar Ir. H. Hendra Irwan Rahim.MM, PPP-Nasdem Sawal Dt Putiah, SH, PDI-P dan PKB Albert Hendra Lukman, SE, yang ditetapkan dalam keputusan dewan nomor 16/Kep.Pim/2019 .(Ay)

Post a Comment

0 Comments