Sambut HUT RI Ke 74, Dinding Gelanggang Pacu Kuda Dipenuhi Mural

IMPIANNEWS.COM.
Payakumbuh, --- Beraneka ragam lukisan mural karya siswa SMP dan Guru SD se- Kota Payakumbuh hiasi dinding Gelanggang Pacuan Kuda, Kubu Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 74.

"Karena disini nantinya akan dilangsungkan Upaca peringatan HUT RI ke 74, jadi Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh mempercantik seluruh dinding Lapangan Kubu Gadang," kata Kepala Sekolah SDN 10 Payakumbuh, Musri di sela - sela melakukan pengecatan ulang, Selasa (13/08/2019).

Kegiatan tersebut sengaja dilakukan karena sebagian besar lukisan mural yang terdapat di dinding tersebut sebagian sudah pudar dan juga rusak.

"Ada lukisan yang kami perbarui atau memperjelas dan ada juga yang dibuat gambar baru," terangnya.

Untuk pembiayaan sendiri berasal dari swadaya masing - masing sekolah yang dibagi berdasarkan gugus masing-masing.

"Masing - masing gugus di jatah perblok. Untuk SD di Payakumbuh terdapat 13 gugus, masing lima di gugus utara, lima gugus barat, dan tiga gugus timur," terangnya.

Kepala Sekolah SDN 03, Era Sri Herawati yang juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan karena mural yang saat ini ada di Kubu Gadang itu terakhir kali dilakukan pengecatan adalah pada 2014 lalu.

"Jadi kami hari ini mengulang catnya karena sebentar lagi HUT RI. Yang ikut adalah semua kepala sekolah dan juga guru," jelasnya. 

Sementara Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Payakumbuh, Agustion yang dihubungi Selasa (13/08/2019) sore menyebut, pihaknya mengintruksikan kepada seluruh sekolah di Kota Randang itu untuk memanfaatkan ruang - ruang kosong yang belum termanfaatkan.

"Yang dieksplorasi itu adalah hal-hal terkait terkait kebudayaan, sejarah, dan nilai - nilai lingkungan. Selain itu kegiatan ini juga untuk menampilkan minat dan bakat peserta didik," katanya. (ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.