MAN 1 Bukittinggi lepas Ssiswinya Sebagai Deligasi Pemuda Asia DI PBB

IMPIANNEWS.COM (Bukittinggi). 

Masayu Siti Raudhatul Jannah siswi MAN 1 Kota Bukittingi terpilih sebagai delegasi pemuda Asia dalam even  Asia Youth Intenational Model United Nations (AYIMUN) yang berada  di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). AYIMUN merupakan program pengembangan mental generasi muda yang memiliki jiwa kepemimpinan, mampu berdiplomasi, bernegosiasi, serta mampu sebagai representasi sosok pemuda di negaranya. 

Masayu akan mengikuti kegiatan ini selama empat hari pada tanggal 25-28 Agustus 2019 di PuteraJaya International Centre, Malaysia.

Masayu Siti Raudhatul Jannah merupakan siswa kelas XII IPA 2 MAN 1 Bukittinggi yang  juga siswa binaan asrama puteri MAN 1 Bukittinggi. Prestasi yang diraihnya sejalan dengan minatnya yang tinggi terhadap pelajaran Bahasa Inggris. 

Saat ditemui dia menuturkan bahwa persiapan mengikuti even ini sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. 

Rangkaian proses seleksi diikuti secara mandiri, salah satunya dengan menulis makalah berbahasa inggris sesuai tema yang ditentukan dan dikirimkan secara online.

 “Alhamdulillah saya lolos dan terpilih sebagai salah seorang delegasi yang akan bergabung dengan delegasi pemuda lainnya dari berbagai negara.”ujarnya.

Saat pelepasan secara resmi bersama seluruh siswa dan guru Jum'at, 22/08/2019, kepala MAN 1 Bukittinggi Drs, Irsyad, M.Pd. menyampaikan, 

“Hal ini merupakan suatu rahmat yang patut kita banggakan dan kita syukuri. siswa kita terpilih sebagai delegasi pemuda asia dalam forum PBB. 

Semua ini tercapai tentunya berkat kerja keras anak-anak kita yang kreatif, inovatif dan mandiri di bawah bimbingan guru-guru. Semoga ke depan semakin banyak siswa-siswi MAN 1 Bukittinggi berprestasi ke tingkat nasional dan internasional. 

Semoga Masayu mampu menjadi delegasi yang baik, mampu menyampaikan inspirasi pemuda Indonesia dalam forum yang yang diikutinya, serta mampu memberi sumbangsih yang positif terhadap kemajuan bangsa dan agama untuk masa yang akan datang.” tuturnya.

Di sisi lain H. Zulfikar Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bukittinggi menyampaikan apresiasi atas prestasi yang di peroleh siswi MAN 1 kota Bukittinggi Masayu Siti Raudhatul Jannah  yang berhasil terpilih sebagai delegasi pemuda Asia dalam even  Asia Youth Intenational Model United Nations (AYIMUN) berada  di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)Model United Nation. 

"Model UN atau MUN, adalah simulasi atau aktivitas akademik yang didalamnya pelajar atau mahasiswa dapat belajar tentang diplomasi, hubungan internasional dan persatuan bangsa-bangsa. 

MUN juga mengajarkan riset, public speaking, debat, dan skill menulis didalam berfikir kritis, kerjasama dan kemampuan kepemimpinan. Mudaha-muhan prestasi ini bisa menginspirasi siswa/i lain khususnya di Madrasah Kota Bukittingi apalagi peserta dalam konferensi MUN ini disebut sebagai delegasi yang mewakili dari berbagai negara, figure politik dan organisasi internasional yang mendiskusikan suatu topik," tuturnya. (sy).

Post a Comment

0 Comments