Ini Kesepakatan dari Study Banding Sekolah Kebangsaan Negeri Sembilan Malaysia ke SDI Raudhatul Jannah

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Sambutan yang meriah dan hangat diberikan oleh keluarga besar SDI Raudhatul Jannah Payakumbuh kepada 21 orang tamu studi banding dari SK Kota Rembau Negeri Sembilan yang terletak 35 km  dari Seremban Negeri Sembilan Malaysia ini. 

Hadir dalam penyambutan, Jumat (15/08/2019) mewakili Walikota Kota Payakumbuh Staff Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan Ir. Syahril dan dari Dinas Pendidikan hadir Sekretaris yakni H. Dasril, S.Pd, M.Pd Dt. Sati Nan Pandak mendampingi kepala sekolah Erianto, M.PdI dan pengurus yayasan Syamsuardi, S.Ag bersama sekretaris yayasan Pendidikan Raudhatul Jannah serta Kepala SMPI Raudhatul Jannah Ersis Warman bersama majelis guru SDI RJ. 

Rangkaian acara yang disusun apik dipandu oleh MC Ipung  dihalaman sekolah diawali dengan  tari pasambahan, tari permainan anak, dan tarian menggelamai dilengkapi permainan duet gitar  dari siswa. Para cikgu dari negeri jiran yang memang sudah akrab dengan adat-istiadat Minangkabau di Negeri Sembilan sana terlihat sangat menikmati suguhan acara pagi itu apalagi dalam suasana yang ramai ditonton juga oleh siswa-siswa SDI RJ.

Puas menikmati tarian penyambutan dilanjutkan dengan sesi foto bersama di halaman sekolah baru dipanjutkan dengan kegiatan tukar informasi diruangan aula yang ditata secara apik diselingi berbagai atraksi penampilan siswa antara lain, pembacaan puisi, hafiz Alquran, nyanyi  dari masing-masing sekolah bersahabat ini. 

Dalam sambutannnya Walikota Payakumbuh melalui Ir. Syahril mengatakan "Pemerintah Kota Payakumbuh senang dengan kehadiran kerabat kami yang berasal  dari daerah rantau orang Minangkabau termasuk Payakumbuh yak kota Serembau di Negeri Sembilan Malaysia ini yang dapat mempererat silaturahmi dan bertukar informasi khususnya dalam pengelolaan pendidikan",kata Syahril. Selanjutnya Sekretaris Dinas Pendidikan H. Dasril, S.Pd, M.Pd mengawali sambutannya dengan pantun 

"Dari Rembau nak ke Payakumbuh
Singgah dahulu di Bukittinggi
Kalau Ranah Minang sudah menghimbau
Di Raudhatul Jamnah kita bertemu"

Dan dilanjutkannnya dengan pantun sambil memperkenalkan untuk dicicipi gelamai, beras rendang dan rendang yang telah disuguhkan tuan rumah di meja masing-masing tamu siang itu.

"Payakumbuh City of Randang
Pusat Kuliner gelamai dan juga Rendang
Coba dirasa, dikecap biar dikenang
Boleh buat  oleh-oleh dibawa pulang". 

Kota Payakumbuh saat ini sedang bersemangat mengembangkan produksi dan pemasaran rendang sebagai makanan terlezat di dunia dengan memenuhi standar kesehatan, rasa kemasan dan ketersedian". Tukuk Dasril. 

Kepala Sekolah Erianto S.Ag. menyajikan berbagai  informasi kegiatan SDI RJ sampai berprestasi di tingkat Nasional dan bahkan Internasional melalui tayangan infokus yang ditambahkan oleh pengurus yayasan Syamsuardi, SA.g bahwa Raudhatul Jannah siap bekerja sama termasuk melibatkan siswa antar dua sekolah  dalam berbagai ivent didampingi guru-guru dari kedua negara bersahabat.

Disisi lain pimpinan rombongan guru besar (kepala sekolah) Tengku Zulkarnaian bin Abdul Kadir terlihat bersemangat dan antusias menguraikan  pendapatnya sebagai berikut: 

" Setelah merencanakan dengan baik dan memilih beberapa sekolah yang akan dikunjungi maka kami bersepakat melakukan Lawatan penanda aras bagi guru-guru & kaki tangan sokongan SK Kota Seremban Negeri Sembilan Darul Khusus Malaysia ke SD Islam Raudhatul Jannah setelah mendapat persetujuan dari pihak SDI RJ dan  Pemerintah Kota Payakumbuh" kata Zulkarnain Bin Abdul Kadir Guru Besar (Kepala Sekolah - red) SK Kota Rembau siang tadi di SDI RJ. 

Setidaknya ada beberapa tujuan yang ingin kami capai dalam lawatan ke sekolah berprestasi di negara sahabat Indonesia khususnya Kota Payakumbuh ini antara lain untuk:
1.Memperkukuh hubungan antarbangsa bagi kedua negara yang mempunyai budaya yang sama.
2. Menggali warisan budaya, adat dan sejarah adat perpatih dari Minangkabau.
3. Memberi informasi dan pengetahuan kepada sekolah berkenan dalam aspek teknologi terkini melalui perkongsian pengalaman dan idea.
4. Memberi peluang kepada guru-guru kami untuk menimba pengalaman, pengetahuan  dalam bidang teknologi dan kebudayaan antara dua negara".

Demikian urai Tengku Zulkarnain didampingi penolong kanan Khamaruzzaman dari SK Kota Rembau.(rel/ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.