Dinsos Pemko Payakumbuh Belajar e-Warung ke Pemko Pekanbaru

IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh --- Dalam rangka untuk peningkatan kapasitas SDM PKH dan perencanaan program graduasi dan inovasi, KPM PKH kota Payakumbuh melakukan study banding ke dinas Sosial kota Pekanbaru pada tanggal 23 - 25 Juni 2019. Pada kesempatan tersebut PKM PKH kota Payakumbuh juga turut didampingi oleh Kepala Dinas Sosial kota Payakumbuh beserta jajarannya.

Tujuan utama dari program study banding PKM PKH kota Payakumbuh ke kota Pekanbaru karna pendamping PKH kota Pekanbaru merupakan menjadi rujukan nasional dalam rangka pengelolaan e-Warung-nya, ungkap Kadis Sosial yg diwakili oleh Kasi Jaminan Sosial Jony Parlin saat di temui di ruang kerjanya pada, Senin (1/7/2019).

Dilanjutkan, di dalam pengelolan nya yg baik tersebut e-Warung yang dikelola PKH kota Pekanbaru sudah menjadi tempat tujuan utama bagi masyarakat untuk membeli kebutuhan pokok hariannya, karna barang yang dijual di e-Warung tersebut harganya di bawah harga pasar. Pihak pengelola e-Warung tersebut bisa menjual dengan harga murah karna telah bekerja sama dengan pihak penyedia bahan pokok sendiri seperti dari pihak bulog dan juga dari pihak Bank yang membantu dalam kelancaran administrasi proses jual beli pada e-Warung tersebut.

Untuk menghindari ketimpangan diantara pedagang lainnya, e-Warung yang dikelola oleh PKH kota Pekanbaru memasok atau menjual barang yang tidak ada di jual oleh pedagang lainnya, sehingga konsumen yang berbelanja di e-Warung akan belanja kebutuhan pokok yang tidak ada di jual oleh pedagang sekitar.

"E-warung yang di kelola merupakan tempat atau bangunannya yang dimiliki langsung tanpa menyewa tempat untuk mendirikannya. Selain bangunan milik sendiri, untuk SDM yang mengelola langsung diberdayakan dari ibu rumah tangga yang tidak bekerja dan juga merupakan anggota PKH kota Pekanbaru", ungkap Jony.

Salah satu menjadi tolak ukur dari keberhasilan PKH  dapat dilihat dari semakin banyaknya PKM PKH yang telah mendapatkan graduasi, maka semakin baik PKH tersebut. Dan graduasi ini menjadi point utama bagi PKH kota Pekanbaru untuk dapat mensejahterakan seluruh anggotanya.

Menurut Jony sendiri, untuk tingkat pengelolaan program graduasi mandiri di PKH kota Payakumbuh sudah mengiringi dg kota Pekanbaru, cuma perbedaannya hanya soal pemberdayaan, dimana pemberdayaan untuk graduasi mandiri PKH kota Pekanbaru lebih baik dari PKH kota Payakumbuh.

Para ibu rumah tangga yang direkrut dalam pengelolaan e-Warung tersebut mendapatkan insentif bulanan melalui bagi hasil dari pendapatan penjualan. Dimana rata-rata hasil dari pendapatan e-Warung tersebut mencapai 15 juta / bulan dan itu dibagi bersama seluruh yang menjadi pengelola e-Warung.

Jhony juga menyampaikan, pengelolaan e-warung yang bersifat kekeluargaan ini sangat bagus karna setiap petugas penjaga e-Warung yang direkrut dari setiap kecamatan, sehingga konsumen yang didapat bisa dari setiap kecamatan dengan cara petugas e-Warung tadi mempromosikan produknya kepada pihak orang disekitarnya untuk berbelanja di e-Warung tersebut.

Ditambahkan, kunjungan tim kita kali ini dari PKH maupun dari Dinas Sosial dapat hendaknya membawa ilmu dan dapat menerapkannya di kota Payakumbuh nantinya, sehingga nanti e-Warung yang ada di kota Payakumbuh dapat terkelola dengan baik seperti e-Warung di kota Pekanbaru ini bahkan bisa lebih baik lagi dari e-Warung itu nantinya, harapnya.

Tim PKM PKH kota Payakumbuh membawa rombongan sebanyak 20 orang yang terbagi dalam 17 orang pendamping, 1 orang koordinator kota dan 2 orang operator. 

Kedatangan tim PKM PKH kota Payakumbuh ke dinas Sosial kota Pekanbaru disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial beserta jajarannya. (rel/ul)