Rusia dan China, Alasan AS Jual Senjata ke Saudi

Patrick Shanahan mengungkap alasan mengapa akhirnya AS memutuskan untuk menjual senjata ke Arab Saudi. Shananhan menyebut, alasan itu adalah Rusia dan China.
IMPIANNEWS.COM (WASHINGTON). 

 Menteri Pertahanan sementara Amerika Serikat (AS), Patrick Shanahan mengungkap alasan mengapa akhirnya AS memutuskan untuk menjual senjata ke Arab Saudi. Shananhan menyebut, alasan itu adalah Rusia dan China.

Shanahan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk menyediakan senjata kepada Saudi dan juga Uni Emirat Arab (UEA) sebagai bagian dari upaya untuk mencegah China atau Rusia mengisi kekosongan itu.

"Situasi dengan Saudi dan UEA adalah bagaimana kita memberi mereka Penjualan Militer Asing untuk membela diri? Dan sesungguhnya, inti dari semua ini adalah responsif dalam lingkungan ancaman tinggi ini," ucap Shanahan.

"Kemudian yang kedua, jika mereka tidak membeli dari AS, di mana kami adalah mitra yang sangat kuat, maka karena alasan keamanan, mereka akan beralih ke China atau Rusia," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (12/6).

Sementara itu, pekan lalu Komite Senat untuk Hubungan Luar Negeri mengatakan bahwa mereka akan memperkenalkan 22 resolusi terpisah untuk memblokir perjanjian senjata pemerintahan Donald Trump dengan Saudi dan UEA, serta menegaskan kembali peran Kongres dalam menyetujui penjualan senjata ke pemerintah asing.

Para senator mengatakan cara di mana pemerintahan Trump telah bergerak maju dalam penjualan senjata tidak pernah terjadi sebelumnya. Hal ini dinilai bertentangan dengan praktik dan kerja sama yang telah berlangsung lama antara Kongres dan cabang eksekutif.