Putin dan Xi Perkuat Aliansi untuk Abad ke-21

IMPIANNEWS.COM (Rusia).

Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut Presiden China Xi Jinping ke Rusia pada hari Rabu (5/6) untuk memulai kunjungan tiga hari ke Rusia, menandai 70 tahun hubungan diplomatik antara Rusia dan China yang mereka katakan lebih baik dari sebelumnya.

Mereka adalah tetangga, berbagi perbatasan dan kepentingan regional di Asia, dan mereka berdua telah beralih dari komunisme abad ke-20 ke otoritarianisme kontemporer. Tetapi yang paling penting, mereka semakin berselisih dengan Amerika Serikat.

Oleh: Adam Taylor (The Washington Post)

Minggu ini, sekutu Barat berkumpul di Inggris dan Prancis untuk memperingati invasi lintas laut terbesar dalam sejarah. Namun jauh dari Selat Inggris, pertemuan penting lainnya sedang berlangsung yang bertujuan untuk memperkuat aliansi baru untuk abad ini.

Para pemimpin dari berbagai negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis bertemu pada hari Rabu (5/6) di Portsmouth, Inggris, pada peringatan 75 tahun pendaratan D-Day, invasi Sekutu ke Normandia selama Perang Dunia II. Pada hari Kamis (6/6), para pemimpin itu menuju ke Normandia untuk memperingati serangan terhadap Prancis yang diduduki Nazi pada Juni 1944.

Perwakilan dari negara-negara yang membentuk aliansi Perang Dunia II dijadwalkan hadir, serta utusan dari Jerman.

Namun para pemimpin Rusia dan China, dua negara yang membuat pengorbanan mereka sendiri untuk upaya perang Sekutu, tidak hadir. Mereka bertemu sendiri, di luar tepi timur Eropa.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyambut Presiden China Xi Jinping ke Rusia pada hari Rabu (5/6) untuk memulai kunjungan tiga hari ke Rusia. Hari Rabu itu menandai 70 tahun hubungan diplomatik antara Rusia dan China, dan kedua belah pihak mengklaim hubungan itu lebih baik dari sebelumnya. Putin “adalah sahabat terbaik saya,” kata Xi kepada kantor berita Rusia Tass menjelang kunjungannya.

Dua pertemuan internasional ini sangat kontras: lama dan baru, Timur dan Barat, demokratis dan otokratis. Tetapi perbedaan-perbedaan ini tidak selalu begitu jelas. Presiden Rusia pertama kali menghadiri upacara D-Day pada tahun 2004.

Meskipun Rusia tidak secara langsung terlibat dalam invasi, tentara Soviet memainkan peran paling penting dalam mengalahkan Jerman Nazi, di Front Timur, dan memberikan pengorbanan yang mematikan untuk itu.

Kehadiran Putin di peringatan D-Day pada tahun 2014 berlangsung tegang dan terjadi di tengah upaya para pemimpin dunia untuk mengisolasi Rusia setelah pencaplokannya di Krimea. Pemimpin Rusia tidak diundang tahun ini: Prancis mengatakan ini karena kepala pemerintahan, bukan kepala negara, diundang.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia minggu ini menentang pentingnya D-Day, menggambarkan pendaratan Normandia “bukan peristiwa yang sangat signifikan.”

Jadi Kremlin mengorganisir KTT bilateralnya sendiri. Dan tamu canggung di Normandia tahun ini bukan Putin, tetapi Presiden Trump.

Jika upacara D-Day merayakan kejayaan masa lalu dari satu aliansi historis, Putin dan Xi mungkin berharap untuk menekankan yang baru. Xi mengatakan minggu ini bahwa Putin adalah rekan asing terdekatnya.

 Menurut Kremlin, keduanya telah bertemu 29 kali sejak tahun 2013.
Ini adalah sesuatu perubahan bagi kedua negara, yang berselisih pada sebagian besar abad ke-20 setelah interpretasi menyimpang komunisme yang menyebabkan China dan Uni Soviet memutuskan hubungan diplomatik.

Mereka adalah tetangga, berbagi perbatasan dan kepentingan regional di Asia, dan mereka berdua telah beralih dari komunisme abad ke-20 ke otoritarianisme kontemporer.

Tetapi yang paling penting, mereka semakin berselisih dengan Amerika Serikat. Rusia dan China secara bersamaan terperosok dalam konflik ekonomi dengan Amerika. Rusia menghadapi rentetan sanksi dari AS, sementara China berada di tengah-tengah perang dagang yang merugikan secara ekonomi.

“Jika Amerika menganggap bahwa Rusia dan China adalah ancaman dan memutuskan untuk menghadapi kedua negara pada saat yang sama, maka aliansi sementara di antara mereka menjadi tak terhindarkan,” Bruno Maçães, seorang analis dan penulis yang berbasis di China.

Putin dan Xi menampilkan diri sebagai pejuang perdagangan bebas dan penentang proteksionisme, dan keduanya percaya ekonomi mereka yang didorong ekspor terancam.

 Di Rusia, presiden China akan menjadi tamu kehormatan di sebuah forum ekonomi internasional di St. Petersburg―sebuah pertemuan yang duta besar AS boikot atas penahanan seorang bankir investasi Amerika.

Kedua belah pihak menandatangani perjanjian yang berjanji untuk menjauh dari dolar AS dengan melakukan perdagangan dengan rubel dan yuan, dan berupaya agar raksasa telekomunikasi China Huawei mengembangkan jaringan 5G di Rusia―meskipun AS memperingatkan bahwa produk-produk perusahaan itu menghadirkan ancaman keamanan.

The Financial Times melaporkan Rabu (5/6) bahwa Putin dan Xi diharapkan untuk merilis sejumlah pernyataan selama kunjungan mereka, termasuk salah satu yang mencela

“dominasi hegemonik dari sistem internasional.”

Tidak sulit menebak siapa hegemoni itu. Rasa permusuhan timbal balik terhadap AS mungkin merupakan ikatan terbesar antara China dan Rusia. Putin secara sadar berbelok ke timur setelah ia menjadi terisolasi di Barat pada tahun 2014.

Dan meskipun Perang Dingin baru ini tetap berfokus dalam bidang ekonomi, Pentagon telah memperingatkan bahwa Amerika Serikat perlu mempersiapkan kemungkinan konflik dengan China dan Rusia.

Ketika Presiden Trump mempertimbangkan masa depan minggu ini, ia harus mempertimbangkan masa lalu di Normandia. D-Day sering dikenang sebagai upaya Amerika, tetapi kenyataannya, itu adalah upaya internasional―Inggris, Kanada, Polandia, Selandia Baru dan lainnya yang berpartisipasi dalam pendaratan 75 tahun yang lalu.

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan pada tahun 1945 menemukan bahwa hanya 20 persen orang Prancis yang percaya bahwa Amerika Serikat telah berkontribusi paling besar dalam memenangkan perang, dibandingkan dengan 57 persen yang menyebut Rusia.

Pendekatan multilateral semacam ini tidak cocok dengan retorika “America First” Trump, atau kebiasaan presiden Amerika dalam mengobarkan perang verbal dan ekonomi melawan musuh serta sekutu.

Sejarawan kepresidenan Jon Meacham mengatakan kepada The Washington Post James McAuley minggu ini bahwa D-Day dapat dianggap sebagai pengingat bahwa pendekatan Amerika melawan dunia tidak akan berhasil. Pantai-pantai di Normandia, kata Meacham, “harus menjadi pengingat abadi bahwa kita tidak bisa lepas dari sejarah.”

Namun presiden Amerika tetap berselisih dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan sebagian besar Eropa, mengenai masalah kebijakan dari Iran hingga perubahan iklim.

Terlepas dari kebijakan pemerintahan, Trump tampaknya masih menyukai Putin dan otokrat lain seperti dia. Akhir bulan ini, ia akan bertemu dengan presiden Rusia dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk pertemuan trilateral yang tidak biasa―Daniel Shapiro, mantan duta besar AS untuk Israel, berpendapat bahwa Rusia dapat menggunakan pertemuan itu untuk mendorong pengurangan sanksi AS dengan imbalan penarikan dukungan Rusia untuk Iran.

Alih-alih mengerahkan sekutu-sekutunya, pemerintahan Trump berisiko mengasingkan mereka atau, lebih buruk lagi, mengubahnya menjadi musuh. Pada saat yang sama, musuh-musuhnya menyadari bahwa musuh dari musuh mereka mungkin juga teman mereka.

Keterangan foto utama: Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin menghadiri presentasi Haval F7 SUV di Kremlin di Moskow, Rusia, 5 Juni 2019. (Foto: Maxim Shipenkov/Pool via Reuters)

Putin dan Xi Perkuat Aliansi untuk Abad ke-21