Kafilah MFQ Kota Payakumbuh Sabet Juara I di MTQN Sumbar

IMPIANNEWS.COM.


Payakumbuh, --- Kabar gembira diterima dari Ketua Kontingen MTQ Kota Payakumbuh Ul Fakhri bahwa tim fahmil putra berhasil menjadi Juara  I dalam cabang Musabaqah Fahmil Qur’an (MFQ) di ajang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke 38 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Solok tanggal 24 hinga 22 Juni 2019.

"Atas nama Pemko Payakumbuh kami mengucapkan selamat kepada kafilah MFQ Kota Payakumbuh yang telah mengharumkan nama daerah dalam ajang MTQ kali ini,"sebut Ul Fakhri Rabu (19/09/2019) di lokasi lomba.
“Alhamdulillah, selamat kepada anak-anak kami dari kafilah Payakumbuh yang sudah menjadi Juara. Kami turut bangga,” ucapnya.

Sekedar diketahui, ulas Kabag Kesra Ul Fakhri. Musabaqah Fahmil Qur’an adalah jenis lomba pemahaman atau pendalaman Al-Qur’an dengan penekanan pada pengungkapan ilmu Al Qur’an dan pemahaman kandungan ayat dalam bentuk cerdas cermat.

"Selain cabang MFQ, kafilah Payakumbuh juga berhasil masuk final pada cabang yang lain yakni Tilawah TK (pi) , Hifzil 5 Juz Non Tilawah (pa/pi), Hifzil 30 Juz (pi), Bintang Qasidah Anak-anak (pa/pi), dan Bintang Qasidah Dewasa,"pungkas Ul Fakhri.

Disela kunjungan keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh di Gedung Olahraga Pemko Solok, kami mencoba menjumpai official ustadz Okta Veldi yang sekaligus pengasuh di Ponpes Insan Cendikia Boarding School (ICBS) Payakumbuh ikut merasakan kebahagian tersebut.

“Alhamdulillah, Tim MFQ Putra Kota Payakumbuh hari ini menorehkan Juara I. Atas prestasi tersebut, tim MFQ ICBS yang terdiri dari Harun Ar-Rasyid, Muhammad Dhonan Lathif, dan Muhammad El Hafiz berhak mewakili Provinsi Sumbar pada cabang Fahmil di MTQ Tingkat Nasional 2020 mendatang. Kami sangat bangga,"ungkap Veldi.

Dikatakannya, Prestasi gemilang juga dicapai oleh tim MFQ Putri dari Kafilah Kota Payakumbuh, yakni Diang Kumala, Hanifah Dhiyaulhaq, dan Viona Vonlihani. Ketiganya yang juga santri ICBS berhasil mencapai babak final dan meraih prestasi juara 3.
"Tetap belajar dan senantiasa bersyukur. Tidak akan ada prestasi hari ini kecuali karena nikmat Allah. Antum semua sudah membanggakan nama daera. Kita mohon pada Allah semoga seluruh usaha dan jerih payah ini akan berbuah pahala untuk kita,” tutur Alumni Universitas Al-Azhar Mesir itu.

Ikut tampak di lokasi Kasat Pol PP dan Damkar Devitra, Camat Latina dan beberapa pejabat bersama staf di lingkungan Pemko Payakumbuh dan Kankemenag.(ul)