Peristiwa 18 Mei: Mahasiswa Duduki Gedung DPR/MPR dan Meletusnya Gunung Saint Helens

IMPIANNEWS.COM (Jakarta)

BERBAGAI peristiwa sejarah dan penting kerap terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk pada tanggal 18 Mei. Oleh karena itu, Okezone merangkum sejumlah peristiwa yang terjadi pada tanggal ini, berikut beberapa di antaranya:

1803 - Inggris Batalkan Perjanjian Damai dengan Prancis.

Pemerintah Inggris membatalkan perjanjian damai dengan Prancis. Perjanjian itu merupakan Perjanjian Amiens. Dalam kesempatan yang sama Inggris menyatakan perang terhadap Prancis. 

Perang itulah kemudian menjadi cikal bakal perang era Napoleon yang melibatkan beberapa nagara lainnya di Eropa.

1804 - Napoleon Bonaparte Naik Tahta
Napoleon Bonaparte menjadi seorang kaisar di Prancis. Selama duduk sebagai kaisar, Napoleon memiliki pengaruh besar terhadap persoalan-persoalan di Eropa selama lebih dari satu dekade, terutama dalam Perang Era Napoleon.

1974 - India Laksanakan Uji Nuklir Pertama Kali Uji coba bom nuklir pertama kali dilakukan oleh India. Uji coba yang dilakukan itu sekaligus mengangkat nama India sebagai negara keenam yang memiliki kekuatan nuklir setelah Amerika Serikar, Uni Soviet, Inggris, Tiongkok, dan Prancis.

1980 - Gunung Saint Helens Meletus.
Gunung Saint Helens di Washington, Amerika Serikat (AS) meletus dan memuntahkan lava setinggi 1.300 kaki dari mulut kawah. Sedikitnya 9 orang meninggal dunia dan 48 lainnya hilang.

 Letusan gunung tersebut juga mengakibatkan hujan abu tebal di kawasan Washington yang menyebabkan beberapa kawasan di negara bagian tersebut tak terkena sinar matahari.

1991 - Helen Shaeman Astronot Wanita Ke Luar Angkasa Helen Sharman, astronot wanita asal Inggris meluncur ke luar angkasa menggunakan pesawat ulang-alik milik Uni Soviet. Capaian Helen itu menjadikannya sebagai orang pertama asal Inggris yang mampu berangkat ke angkasa.

1998 - Ratusan Mahasiswa Terobos Gedung DPR MPR

Ratusan mahasiswa dari forum kota dan UI berhasil menerobos masuk ke Gedung DPR/MPR di Jakarta. Peristiwa itu menjadi momentum dan untuk pertama kali pendudukan gedung DPR/MPR.


sumber : okzone