BALIMAU

IRWANDY, ST
IMPIANNEWS.COM
Balimau dari asal kata limau, atau Jeruk. Limau sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk berkeramas dalam mandi besar (mandi yang membasahi seluruh anggota tubuh), yang paling sering digunakan adalah jeruk nipis dan jeruk purut. Biasanya limau juga dipadukan dengan bunga melati dan bunga mawar, populernya "bungo tujuah ragam"

Mandi dengan memakai limau ini sering digunakan untuk berobat dari penyakit batin seperti kena guna-guna, tinggam, santet dan lain-lain. Juga dijadikan sebagai simbol untuk mandi besar pada momen tertentu.

Mandi dengan air limau dan bunga tujuh ragam itu lebih di identikan untuk keramas dan membersihkan badan dari penyakit serta mensucikan diri ketika momen-momen tertentu seperti menjelang memasuki bulan suci Ramadhan. Mandi tersebut di kenal dengan istilah "Balimau"

Ramadhan adalah bulan suci, bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan Allah, penghulu dari segala bulan. Semua aktifitas kebaikan yang di niatkan karena Allah akan dilipat gandakan manfaatnya "pahalanya" oleh Allah. Para ahli hikmah menganjurkan, hendaklah sebelum memasuki bulan suci itu dengan terlebih dahulu mensucikan zahir dan bathin kita masing-masing. Suci zahir dengan mandi besar membersihkan seluruh anggota tubuh dan berwudhu, suci bathin tentu dengan bersilaturrahmi dan saling bermaaf-maafan.

Zaman dahulu, tidak semua rumah punya kamar mandi. Jamak menjadikan sungai yang airnya bersih belum tercemar sebagai tempat MCK, serta limau dan bunga tujuh ragam sebagai shampo serta kasai (bedak beras) sebagai sabun mandi. Aktifitas mandi besar tentu banyak dilakukan di sungai-sungai tersebut. Apalagi jelang memasuki bulan suci, mandi balimau akan sangat ramai dilakoni orang di sungai-sungai.

Hari ini, setiap orang sudah punya kamar mandi dirumahnya masing-masing dan limau pun sudah di kemas orang pula dalam botol-botol shampo, berbagai pula jenis dan mereknya, sabun mandipun begitu juga, setiap sudut orang menjual. Jadi tak perlu lagi mempersulit diri, dirumah sajalah mandi balimau itu, dengan shampo dan sabun yang lebih wangi

Balimau bukan hura-hura, bukan mandi bercampur di sungai-sungai, itu mendistorsi makna balimau

Balimau adalah ekspresi kegembiraan menyambut bulan suci. Balimau menjadi tradisi bersih-bersih diri, manjalang mintuo, berdoa di hari baik bulan baik, bermaaf-maafan dan menjalin silaturrahmi.

"Marhaban yaa Ramadhan, selamat memasuki bulan suci Ramadhan, dari kami sekeluarga Mohon Maaf Lahir dan Bathin".(ul)

Wassalam

Balimau

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.