Polres Bukittinggi Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Singgalang 2019

IMPIANNEWS.COM (Bukit Tinggi).

Dalam rangka cipta kondisi pasca Pileg, Pilpres, Menjelang Idul Fitri 2019 guna meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas demi terciptanya Kamseltibcarlantas, Polres Bukittinggi menggelar apel operasi Keselamatan Singgalang 2019 yang bertempat dihalaman Polres Jl.Sudirman Bukittinggi, Senin (29/4). Operasi tersebut dijadwalkan akan berlangsung dari tanggal 29 April – 12 Mei 2019.

Wakil Walikota Bukittinggi H.Irwandi, SH yang bertindak selaku Pimpinan Apel membacakan amanat dari Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs.Fahkrizal, M.Hum, menjelaskan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri 2019 dan cipta kondisi sesudah pelaksanaan Pemilu 2019, langkah – langkah cipta kondisi yang dilakukan dengan melihat beberapa potensi kerawanan yang memerlukan perhatian serius.

“salah satu potensi kerawanan yang mungkin terjadi adalah adanya gangguan kamtibmas keamanan baik berupa kenaikan BBM, konflik sosial, tindak pidana maupun gangguan Kamseltibcarlantas seperti kemacetan dan dan kecelakaan lau lintas, yang menjadi perhatian terutama pada pelanggaran kendaraan, sehingga masyarakat dalam berkendaraan dapat mematuhi peraturan dan ketentuan berlalu lintas dengan baik”, ujarnya.

Kemudian selanjutnya dikatakan bahwa, saya berharap jajaran lalu lintas mampu mempersiapkan langkah – langkah antisipasi baik secara taktis maupun teknis agar potensi pelanggaran, kemacetan serta kecelakaan yang terjadi dapat diminimalisir serta tidak menimbulkan gangguan yang dapat berpengaruh bagi kelancaran masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2019 serta tidak menjadi pemicu timbulnya ketegangan sosial di masyarakat, harapnya.

Kemudian selanjutnya disampaikan bahwa yang perlu menjadi perhatian dalam pelaksanan operasi keselamatan ini adalah keamanan personel terutama pada saat melakukan penertiban pelanggaran lalu lintas, karena itu saya berpesan kepada selurh personel yang terlibat dalam operasi keselamatan 2019 agar selalu berpedoman kepada prosedur operasional standard dan memperhatikan faktor keselamatan dalam setiap kegiatan operasi, ujarnya.

Kepada selurh personel yang terlibat agar benar – benar melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggunggjawab serta dilaksanakan sesuai prosedural, proporsional dan profesional guna mencapai hasil yang diharapkan secar maksimal dan saya ingatkan kembali bahwa tujuan utama operasi keselamatan tahun 2019 yang akan dilaksanakn ini adalah terwujudnya Kamseltibcarlantas yang baik, pungkasnya.

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Lalu Lintas Singgalang 2019, ditandai dengan penyematan pita oleh Wakil Walikota, kepada petugas gabungan, yang terdiri dari kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bukittinggi. (Sy)