Lepas Pawai PAUD, Bunda Henny : Didik Anak Sambil Bermain

IMPIANNEWS.COM (Payakumbuh). 

Bunda PAUD Kota Payakumbuh, Bunda Henny Riza Falepi melepas pawai ta’aruf PAUD Permata Bunda SKB, Kecamatan Payakumbuh Timur di Rumah Dinas Walikota Payakumbuh, kawasan Kubu Gadang, Senin (8/4). Pawai diikuti 100 orang anak yang terdiri dari anak taman kanak-kanak (TK) dan kelompok belajar (Kober).

Dalam sambutan sebelum melepas peserta pawai, Bunda Henny Riza Falepi mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. Menurutnya pawai perlu dilakukan untuk memberi nuansa pendidikan luar ruang bagi anak-anak PAUD.

“Kami ucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini. Penting bagi kita untuk terus mendidik anak-anak kita khususnya usia PAUD dalam kondisi yang menyenangkan, seperti pelaksanaan pakai kali ini,” ujar Bunda Henny didampingi Bunda Ani dari Dinas Pendidikan dan Bunda Butet, pengurus PAUD Permata Bunda.

Selanjutnya Bunda Henny mengatakan dengan adanya pawai, diharapkan masyarakat akan melihat lagi aktifitas pendidikan terhadap anak-anak PAUD, sehingga muncul keinginan untuk memasukkan anak mereka dalam pendidikan PAUD.

“Fase pendidikan PAUD ini sangat penting. Melalui pendidikan PAUD anak-anak akan dilatih keberanian sekaligus bersosialisasi dengan lingkungan dan alam. Hal itu akan membantu membentuk karakter dan kecerdasan sosial didalam diri mereka,” ujar Bunda Henny.

Dikatakan, kedepan pihaknya bersama Dinas Pendidikan akan menggelar pendidikan dan pelatihan bagi guru-guru PAUD. Menurutnya, tujuan pendidikan PAUD tidak akan tercapai jika tenaga pendidik belum memiliki kualifikasi yang memadai.

“Kedepan tenaga pendidik PAUD akan diberi pelatihan, karena sebagian besar guru PAUD kita belum berlatar sarjana pendidikan PAUD, jadi kita akan dorong agar mereka mendapatkan pendidikan melalui Diklat secara berjenjang,” jelas Bunda Henny.

Kepada orang tua, Bunda Henny berpesan untuk tidak membebani anak usia PAUD dengan beban pelajaran tertentu melalui kursus beraneka ragam. Menurutnya itu justru melemahkan anak dikemudian hari.

“Hal yang paling penting dalam proses pendidikan PAUD ini adalah bagaimana peran orang tua hadir dalam mendidik, tak hanya guru semata. Hal itu sangat berarti dalam proses tumbuh kembang serta pembentukan karakter mereka hingga kelak dewasa,” pungkas Bunda Henny.

Selepas start dari kediaman walikota,  peserta pawai berarak menuju Kantor Camat Payakumbuh Timur untuk istirahat sejenak. Peserta lalu lanjut menuju PAUD Permata BUNDA di komplek SKB Kelurahan Padang Alai Bodi.(ul)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.