Abis Gelap Terbitlah Terang Inspirasi Raden Ajeng Kartini Mendapatkan Hak Perempuan


IMPIANNEWS.COM (Padang).

Berkat perjuangan Raden Ajeng Kartini, telah terjadi perubahan besar kondisi sosial perempuan di Indonesia. Perempuan telah mendapatkan kesempatan hak yang sama dengan kaum laki-laki dalam memperoleh pendidikan, bekerja dan mengeluarkan pendapat  serta pemikiran.

Abis gelap terbitlah terang telah menjadi inspirasikan oleh Raden Ajeng Kartini.  abis gelap terbitlah terang sudah tertulis di dalam Al, Quran Artinya mengeluarkan manusia dari lembah kegelapan kepada cahaya yang terang (NUR). makna yang terkandung dari abis gelap terbitlah terang itu telah di dokumentasikan oleh Raden Ajeng Kartani dan menginspirasi banyak kaum perempuan. sehingga bangsa Indonesia memberikan gelar kepada Raden Ajeng Kartini  pahlawan kemerdekaan. 

Banyak hal sesungguhnya tentang Raden Ajeng Kartini, salah satunya kepedulian sosial, dan juga prilaku yang telah ditunjukan oleh Nabi dan Rasul.dan ini pula yang mendasari Raden Ajeng Kartini melihat kondisis sosial dimasyarakat, maka Raden Ajeng Kartini melakukan perobahan terhadap kaum perempuan yang telah dijajah haknya semasa itu. 

Hal itu dikatakan Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah memperingati acara puncak peringatan hari Kartini tingkat kota Padang di Hotel Axana senin 22/4/2019.

Pada hakekatnya agar kita selalu mengenang dan menghargai perjuangan Raden Ajeng Kartini. dan menyegarkan kembali aspirasi masyarakat terhadap keluhan kodrat, harkat, martabat serta peran kaum perempuan dalam rangka meningkatkan moral bangsa yang berkualitas.

Seiring dengan perkembangan zaman, fungsi kaum perempuan berkembang menjadi fungsi ganda. Fungsi pertama sebagai ibu di rumah tangga, bertanggung jawab sebagai pendamping sumai dan membina, mendidik, mengasuh anaknya. Fungsi kedua membantu mencari nafkah untuk keluarga baik sebagai wanita karier di Pemerintahan ataupun di swasta dan membuka usaha sendiri kata Mahyeldi.

Untuk itu, Pemerintah Kota Padang melalui dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) pada tahun ini menilai Perempuan tangguh, merupakan potret seorang ibu single parent yang benar tangguh dalam memperjuangkan hidup untuk menafkahi keluarganya. Semua ini merupakan bentuk pemberdayaan perempuan yang diamanatkan dalam peraturan Daerah Kota Padang Nomor 2 tahun 2014 tentang pengembangan peran dalam membangun berbasis kelurahan. Imbuh Mahyeldi.

Selanjutnya Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana ( DP3AP2KB) Heryanto Rustam melaporkan. maksud dan tujuan dilaksankan peringatan hari Kartini  adalah,  agar seluruh masyarakat baik laki-laki dan Perempuan terutama generasi muda untuk senantiass mengenang dan menyegarkan kembali ingatan begitu pentingnya perjuangan kebangikitan kaum perempuan.

Serta meneruskan perjuangan dan cita-cita Raden Ajeng Kartini untuk menigkatkan status perempuan agar dapat mencapai kemajuan yang setara dengan laki-laki. Momentum peringatan hari Kartini  pada hakekatnya mengenang perjuangan kaum perempuan  ungkap Heryanto Rustam.

Puncak hari kartini di hadiri Tim ketua penggerak PKK Kota Padang Hk.Harneli serta ketua PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Padang, dan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Padang. (yz).
[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.