Raker Kankemenag Pasaman : Rencana Program Jangan Kopi Paste

IMPIANNEWS.COM (Pasaman). 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Hendri meminta agar perencanaan ataupun penyusunan program kerja tidak kopi paste dari tahun-tahun sebelumnya.
“Dalam menyusun program jangan kopi paste, tetapi bersifat inovasi”,tegas Hendri mengingatkan.

Pesan tersebut disampaikannya saat membuka resmi rapat kerja (raker) tahun 2019 Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman di hotel Pusako Bukittinggi baru-baru ini (27/3), sembari menitipkan pesan penting kepada 40 peserta.

Kakanwil menyampaikan, inti raker ini ada tiga yakni sebagai lahan untuk mengevaluasi program kerja yang telah dilaksanakan, juga sebagai ajang memantapkan program-program yang direncanakan apakah telah memiliki aspek manfaat untuk masyarakat dan kemajuan lembaga.

Kemudian juga,Hendri mengatakan raker dijadikan sebagai wahana untuk menyusun program kerja untuk tahun kedepannya, yang pastinya lebih baik dari sebelumnya.

Lebih lanjut pejabat yang pernah bertugas di ranah Pasaman itu mengatakan melalui raker yang dilaksanakan mulai tingkat pusat hingga daerah ini dapat teraktualisasinya visi misi Kemenag baik di bidang agama keagamaan, pendidikan, haji maupun bimbingan masyarakat.

Dikesempatan itu, Hendri juga menyampaikan capaian kinerja Kankemenag Pasaman mengalami peningkatan. Pada tahun 2015 persentasenya sebesar 79,87, tahun 2016 sebesar 97,23 persen, tahun 2017 naik 97,24 persen dan tahun 2018 kembali 97,23 persen dengan serapan anggaran sebesar 63, 992 milyar rupiah.

Dan disampaikannya, satuan kerja di lingkup Kankemenag Pasaman yang lebih besar realisasi anggarannya adalah MAN 2 Pasaman dengan persentase 99,84.
“Maka, ikuti raker ini dengan serius dan tersistematis”,tukasnya.

Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman Dedi Wandra sangat bersyukur dengan terlaksananya raker karena bermanfaat untuk melakukan evaluasi, mengkaji program-program yang telah dilaksanakan ataupun sedang berjalan.

Juga dinilainya, peserta yang merupakan ASN dapat melakukan kajian-kajian merumuskan, merencanakan serta menyusun rencana kerja untuk tahun 2020 mendatang.

Dalam kepemimpinannya, dia berharap kinerja ASN dan program kerja semakin berkualitas. Terukur dan sesuai regulasi dan visi misi yang telah dipatenkan.

Lanjutnya, hasil raker ini membuahkan ide-ide inovasi yang bisa memberikan dampak positif terhadap pelaksanaan kinerja dan program-program yang telah dianggarkan di tahun ini.

Ketua panitia Emi Suryani menginformasikan, raker diikuti oleh para pejabat seksi, satuan kerja dan fungsional sebanyak 40 orang.

Berdasarkan keterangannya, peserta disamping mengikuti sajian materi dari Kakanwil dan Kakankemenag juga sidang komisi dan rapat pleno yang hasilnya diserahkan kepada panitia untuk dijadikan acuan dalam perencanaan program kedepannya.

Dari pantauan kontirbutor, sebelum dibuka resmi raker disemarakkan dengan penampilan grup marawis santri pondok pesantren Darussalam Tsalis Rao.(suf78)