Siswa MTsN 2 Payakumbuh Ikrarkan Janji. Ada Apa ?


IMPIANNEWS.COM
Payakumbuh, --- Semester II tahun ajaran 2018/2019 berjalan terhitung mulai tanggal 2 Januari 2019 ini. Semester II disebut juga Semester Penentu bagi peserta didik untuk naik ke tingkat pendidikan lebih tinggi, atau tinggal kelas. Diawal Semester II di MTsN 2 Payakumbuh, para siswa ikrarkan diri akan belajar sungguh-sungguh.

Ikrar yang dipandu dan dimoderatori Waka Siswa, Budi Hanif, secara bersamaan sebanyak 728 siswa madrasah ucapkan ikrar di lapangan upacara MTsN 2 Payakumbuh di Talawi Kelurahan Ompang Tanah Sirah ini, Jumat (04/01/2019) dihadapan Kepala MTsN, majlis guru dan tenaga pendidikan.

"Dengan ini kami berikrar, akan belajar serius di Semester II sebagai penentu naik atau tidaknya kami ke tingkat lebih tinggi,"ikrar siswa.

Sebelumnya para tenaga pendidik juga telah berikrar kepada Kepala Madrasah akan mengajar serius dan sungguh-sungguh dikala Rapat Diluar Kantor yang digelar di Lembah Harau, Kamis (03/01/2019) usai upacara Hari Amal Bhakti.

Dalam arahannya kepada peserta didik, Kepala MTsN 2 Payakumbuh Yenni Fitri sampaikan terima kasih setelah mendengar ikrar anak didiknya.

"Terima kasih, ananda telah ikrarkan diri, mari kita berserah diri kepada Allah SWT. Tentunya dengan ikhtiar dan doa,"Yenni Fitri awali.

"Alhamdulillah, kita kembali bersua di Semester II usai libur Semester I. Kembali kita penuhi amanah yang akan kita pertanggungjawabkan. Semester II adalah kesempatan berpacu, meskipun majlis guru sudah bisa melirik ananda semua dengan azas kepantasan. Khusus Kelas IX, mohon serius, karena akan menjalani belajar sore selama 2 minggu untuk mapel yang di-UN-kan. Sukses ananda ditentukan ananda sendiri, madrasah hanya wadah sarana prasarana. Tingkatkan semangat dan etos Proses Belajar Mengajar (PBM) kita. Mau naik tingkat, jangan buang waktu belajar, lagi,"imbau Yenni Fitri.

Dikatakannya, "Optimalisasi ikrar akan ditunjang niat tulus ikhlas sebagai wujud pertanggungjawaban amanah Allah dan orangtua. Untuk pembuka brain dan qalbu menerima masuknya ilmu, biasakan membaca al quran usai shalat Shubuh dan Magrib. Ketek taraja raja, godang tabao bao, lah tuo tarubah tido. Otomatis 2 amalan akbar bisa kita raih, ibadah dan menjalankan amanah. Semuanya ada nilai pahala di sisi Allah."

Terkait kecintaan kepada almamater, kami aturkan terima kasih kepada anggota keluarga besar MTsN 2 Payakumbuh yang telah berkonstribusi sukseskan Hari Amal Bhakti (HAB). Disamping itu, memelihara kebersihan dan K3 madrasah adalah tugas kita semua. Jangan ada lagi siswa atau guru dan pegawai yang membuang sampah sembarangan. Kita rawat lokal dan taman kita agar indah, termasuk toilet. Jadilah calon pemimpin yang disiplin, jangan jadi pembangkang atau pengkhianat,"tegas Yenni Fitri.

"Belajarlah sungguh-sungguh, khusus untuk Kelas IX, mulai tanggal 7 Januari 2019, ananda akan belajar sore jelang UAM BN, PRA US, Pra UN dan UN. Jangan buang - buang waktumu, jangan keluyuran, jaga keselamatan, patuhi aturan berlalu lintas. Sayangi dan hargai orangtua yang telah berkorban demi ananda, ndak ado kayu jonjang dikapiang. Pegang dan jalan ikrar yang telah diucapkan," pungkas Yenni Fitri.(ul)