Kembangkan Wisata, Pemkab Merangin Belajar ke Limapuluh Kota

IMPIANNEWS.COM
LIMAPULUH KOTA, --- Mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya, Pemkab Merangin, Provinsi Jambi melakukan silahturahim dan Study Tiru ke Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (6/12/2018). Kunjungan rombongan Pemkab Merangin yang dipimpin langsung bupati, Al Haris ini disambut Sekdakab Limapuluh Kota, Widya Putra, S.Sos M Si di ruang rapat kantor bupati Limapuluh Kota, didampingi beberapa kepala OPD di daerah itu.

"Kita sengaja membawa rombongan ke daerah ini dalam rangka  silahturahim sekaligus study tiru beberapa program unggulan di Limapuluh Kota, khususnya perkembangan pariwisata yang sama-sama kita ketahui, gema wisatanya luar biasa," ujar bupati merangin, Al Haris dalam sambutannya.

Diakui Al Haris, bahwa Sumatera Barat khususnya Limapuluh Kota, perkembangan pariwisatanya sangat dipuji dari berbagai daerah lain. Untuk itu, dirinya merasa perlu membawa beberapa OPDnya agar dapat di adopsi pada pembangunan di daerahnya.

"Banyak hal yang bisa di edukasikan dari Limapuluh Kota untuk kabupaten Merangin, sesuai dengan visi-misi daerah kami dimana  unggul di bidang pertanian dan pariwisata 2023, hal itu dikarenakan Pariwisata merupakan warisan yang tidak bisa hilang,"sebutnya.

Selain pariwisata, Pemkab Merangin juga ingin belajar pengelolaan perikanan dan pertanian yang ada di Limapuluh Kota, salah satunya upaya pembinaan kepada masyarakat dalam budi daya di bidang perikanan. Al Haris juga menyebutkan, di kabupaten yang dipimpinnnya juga merupakan pilot project budidya bawang putih terbesar di Sumatera. Sedangkan, di bidang pertanian lainnya Merangin juga merupakan pemasar kopi jenis rebusta.

Sementara itu, Sekda Limapuluh Kota, Widya Putra dalam sambutannya, mengungkapkan apresiasi sekaligus ucapan selamat datang serta terimakasihnya kepada Pemkab Merangin yang telah memilih Limapuluh Kota sebagai lokasi untuk berbagi ilmu pembangunan di daerah. "Mudah-mudah kerja sama dan silahturahim antara kedua daerah ini dapat lebih baik lagi demi kemajuan masing-masing daerah," sebutnya

Dikatakannya, dibawah kepemimpinan bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi- Ferizal Ridwan pemkab daerah ini memang menfokuskan pembangunan di sektor pariwisata dimana salah satu jargon unggulannya yakni Harau Menuju Dunia."Alhamdulilah, saat ini kenginan kita menjadi objek wisata Harau menuju dunia ini sudah dikenal di berbagai daerah termasuk mancanegara,"sebutnya. 

Selain Harau, Limapuluh Kota juga memiliki Fly Over kelok 9 , dan BPTU padang mengateh yang lebih dikenal dengan New Zealandnya Indonesia. Sedangkan di bidang perikan dan pertanian, Limapuluh Kota menfokuskan produksi ikan mas dan gurame. "Produk unggulan kami yakni Gurame Sago, sedangkan komoduti pertanian lainnya seperti coklat, pinang, gambir dan Enau,"jelas sekda.

Usai kegiatan ini, dilanjutkan dengan kegiatan tanya jawab antar OPD terkait pembangunan di daerah itu. Selain itu rombongan Pemkab OPD Merangin juga berkesempatan menikamati wisata unggulan yang ada di Limapuluh Kota.

Hadir beberapa kepala OPD Limapuluh Kota, diantaranya Asisten perkeonomian dan pembangunan, Fitma Indrayani,  Kadis Perikanan, Refilza, Kadis Pariwisata, Hj Negsih, Kadis Pertanian, Eki Eri Purnama, Kepala Dinas Peternakan, Priyadi Budiman, Bapelitbang, serta OPD lainnya, begitu juga beberpa kepala OPD dari pemkab Merangin, Provinsi Jambi. (ul)

Mengembangkan sektor pariwisata di daerahnya, Pemkab Merangin, Provinsi Jambi melakukan silahturahim dan Study Tiru ke Kabupaten Limapuluh Kota, Kamis (6/12/2018). Kunjungan rombongan Pemkab Merangin yang dipimpin langsung bupati, Al Haris ini disambut Sekdakab Limapuluh Kota, Widya Putra, S.Sos M Si di ruang rapat kantor bupati Limapuluh Kota, didampingi beberapa kepala OPD di daerah itu.

[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.