Jamalus, Lepas Pawai HUT Santri

IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Kepala Bagian Kesra kota Padang melepas ribuan pawai santri dalam rangka Hari Santri Nasional ke-4 tingkat kota Padang, di lapangan Gor H.Agus Salim, senin 22/10/2018.

Sejarah mencatat, para santri telah mewakafkan hidupnya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Para santri dengan caranya masing-masing bergabung dengan seluruh elemen bangsa, melawan penjajah, menyusun kekuatan di daerah-daerah terpencil, mengatur strategi, dan mengajarkan kesadaran tentang arti kemerdekaan," sebut Jamalus ketika memberikan sambutan di hadapan para santri, ulama, dan tokoh-tokoh agama.

Jamalus yakin, penetapan Hari Santri Nasional itu, tidak akan menimbulkan sekat-sekat sosial atau memicu polarisasi antara santri dengan nonsantri. Justru sebaliknya, akan memperkuat semangat kebangsaan, mempertebal rasa cinta tanah air, memperkokoh integrasi bangsa, serta memperkuat tali persaudaraan.

"Penetapan hari santri Nasional dilakukan agar kita selalu ingat untuk meneladani semangat jihad ke-Indonesiaan para pendahulu kita, semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air, semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara,"Ujar Jamalus.

Dengan mewarisi semangat itulah,  para santri masa kini dan masa depan, baik yang di pesantren atau di luar pesantren dapat memperkuat jiwa religius keislaman sekaligus jiwa nasionalisme kebangsaan, pungkas Jamalus. (yt).