Kelurahan Gunung Pangilun Dikunjungi 27 Lurah Peserta Diklat

Diakui Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) 
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Kinerja dan inovasi Lurah Gunung Pangilun diakui berdampak nyata terhadap peningkatan berbagai aspek kehidupan masyarakatnya. Lurah Andi Amir dipuji juga memiliki integritas dan visi yang tajam dalam kepemimpinannya.

Hal ini diakui Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Barat, Yuniarti S.Sos, saat melakukan kunjungan di Kelurahan Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Senin (24/9/2018). Kunjungan itu dalam rangka visitasi peserta Diklat Peningkatan Kompetensi Lurah di Lingkungan Pemko Bukittinggi dan Pemko Solok yang dilaksanakan BPSDM.

"Visi tajam yang dimiliki Lurah Gunung Pangilun menunjukkan integritas kepemimpinannya. Hal itu mampu melahirkan inovasi-inovasi untuk peningkatan pelayanan masyarakat," kata Yuniarti.

Ia menambahkan, banyak inovasi yang dilahirkannya untuk menggeliatkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Diantaranya, pelayanan kelurahan dengan inovasi "PATUH" dan pemberdayaan masyarakat, serta membangun sinergi dengan tokoh masyarakat dan semua stakeholder.

"Kita melihat visi yang tajam dan banyak melahirkan inovasi, sehingga pelayanan meningkat dan pemberdayaan masyarakat menggeliat di kelurahan yang dipimpinnya," ujarnya.

Yuniarti menilai, pilihan kunjungan ke kelurahan Gunung Pangilun sebagai lokus visitasi diklat sangat tepat. Para lurah peserta diklat bisa mengadopsi banyak hal untuk diterapkan di wilayah kerja masing-masing. 

"Banyak hal yang bisa diadopsi dan diterapkan di kelurahan masing-masing nantinya," katanya.

Yuniarti menyebut, Lurah Gunung Pangilun Andi Amir juga merupakan salah seorang alumni peserta diklat kepemimpinan IV BPSDM Sumbar. 

"Lurah (Gunung Pangilun) salah seorang alumni Diklat Pim IV. Apa yang dilakukan sekarang bagian dari motivasi dan hasil pelatihan itu," sebutnya.

Kunjungan ini diikuti 27 peserta yang merupakan pejabat lurah dari Kota Solok dan Kota Bukittinggi. Kunjungan ke Gunung Pangilun bertujuan mengulik kiat-kiat lurah yang telah banyak membuahkan inovasi dan prestasi tersebut. Para lurah itu disambut Camat Padang Utara Editiawarman, Kabag Pemerintahan dan Lurah Gunung Pangilun.

Camat Editiawarman mengakui, kiprah Lurah Gunung Pangilun Andi Amir membangkitkan semangat partisipasi masyarakat dalam pembangunan membawa dampak positif terhadap semua aspek. Begitu pula kemampuan inovatif yang dimilikinya, telah membantu meningkatkan pelayanan kelurahan, pembangunan kawasan tertinggal melalui program Kampung KB.

"Kiprah Lurah Gunung Pangilun dalam membangkitkan partisipasi masyarakat memang telah membawa dampak positif. Selain itu inovasi yang dilahirkan telah memberikan kemudahan masyarakat dalam pelayanan," kata Camat Editiawarman.

Andi Amir menuturkan, semua yang dilakukan tidak lepas dari tugas pokok dan fungsi. Di samping itu dalam menjalankan tupoksi, dirinya selalu merangkul semua elemen. Terutama tokoh masyarakat, bundo kanduang, Babin Kantibmas dan Babinsa serta pemuda harus bisa bersinergi.

"Kita tidak bisa bekerja sendiri. Semua elemen harus dirangkul dan diajak bersinergi untuk menjalankan semua program," tutur Lurah Terbaik Kota Padang 2018 itu.(dr)