Gelaran Musabaqah Di Ranah Qari

Mewakili Bupati, Staf Ahli H.Hermanto dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Dedi Wandra meresmikan musabaqah tingkat Kecamatan Rao Selatan ke 13 dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Yasri
IMPIANNEWS.COM. (Pasaman).

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan kembali diresmikan yang kali ini di ranah gudangnya qari/ qariah Pasaman.

Mewakili Bupati, Staf Ahli H.Hermanto dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Dedi Wandra meresmikan musabaqah tingkat Kecamatan Rao Selatan ke 13 dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Yasri, ditandai dengan pemukulan gong di halaman Kantor Wali Nagari Lubuk Layang Senin (30/7).

Dalam arahannya, Hermanto menyampaikan bahwa di ranah Rao Selatan ini banyak melahirkan qari/qariah handalan kabupaten dalam mengikuti even Provinsi Sumatera Barat dan pelatih-pelatih yang acap menjadi langganan membina kafilah.

Harapan Bupati, melalui musabaqah ini tidak hanya melahirkan qari/qariah pilihan tetapi juga terwujudnya masyarakat dan generasi Pasaman yang agamis, cinta dan mengamalkan nilai-nilai al quran dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Sebelumnya, Dedi Wandra juga mengatakan bahwa MTQ diminta tidak mengejar prestasi piala, tetapi harus dibarengi dengan pahala, karena musabaqah tidak terlepas dengan perbuatan ibadah.

Menurutnya, esensi MTQ itu yang terpenting, sehingga tidak hanya sukses dalam penyelenggaraan juga dalam melahirkan qari/qariah berkualitas sebagai utusan serta semakin mantap dan berimannya masyarakat Islam di ranah ini dengan selalu mengamalkan nilai-nilai kitab suci.

Diharapkannya pula, even MTQ disamping sebagai program pemerintah daerah juga langkah untuk mewujudkan masyarakat yang semakin taat kepada Allah SWT, cinta terhadap al quran dan selalu menjadikannya sebagai pedoman kehidupan.
Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak kecamatan yang terlibat dalam mensukseskan helatan satu tahun sekali ini termasuk kepada satuan kerjanya Kantor Urusan Agama Kecamatan Rao Selatan.

Kepala KUA Kecamatan Rao Selatan Shaifuddin Sinaga menginformasikan MTQ memusabaqahkan enam cabang yang diikuti sebanyak 60 peserta dari tiga nagari se kecamatan.

Dikatakannya, pemenang MTQ ini nantinya bisa mewakili kafilah ditambah dengan aset yang ada untuk mengikuti musabaqah tingkat Kabupaten Pasaman tahun 2018 ini di Kecamatan Dua Koto.

Dari pantauan, pembukaan cukup meriah diwarnai hiburan pergelaran beragam seni tarian dan music drum band siswa sekolah dasar. (suf78)