BARLIUS : Pesantren Ramadhan membentuk Karakter dan Akhlak anak didik.

Drs Barlius M.Pd kepala Dinas Pendidikan Kota Padang menutup pelaksanaan pesantren ramadhan di mesjid Al Iman Gunung Simeru
IMPIANNEWS.COM (Padang).

Drs Barlius M.Pd kepala Dinas Pendidikan Kota Padang menutup pelaksanaan pesantren ramadhan di mesjid Al Iman Gunung Simeru kelurahan Gunuang Panggilun kecamatan Padang Utara. sabtu 2 Mei 2018.

Kegiatan pesantren ramadhan di kota Padang bertujuan untuk membentuk karakter dan  akhlak kepada anak didik.pendidikan formal yang berjalan sekarang dalam realitanya dirasakan kurang memadai kepada anak didik untuk belajar agama, karena terbatas jam belajar agama disekolah, begitu juga dijalur pendidikan informal seperti pendidkan dirumah tangga dan lingkungan tidak cukup kuat memberikan bekal dalam pendidkan agama. 

Terbatasnya tempat dan waktu sosialisasi antar anak dilingkungan ditempat tinggal mereka.terkait dengan kegiatan  pelaksanaan pesantrena ramadhan sangat berpengaruh sekali dampaknya terhadap nilai pelajaran Agama Islam (PAI)  di sekolah bagi Siswa SD dan SMP, begitu pentingnya pesantren ramadahn ini dilaksanakan pemko Padang kata Barlius.

Realitas sebagai mana disebutkan,  akan pentingnya pendidkan agama menjadi dasar yang kuat,  makanya diperlukan pesantren  ramadhan  bagi murid SD dan SMP di kota Padang.

Pemerintah kota Padang setiap tahunnya terus  menyempurnakan pelaksanaan pesantren ramadhan, sebagai wadah penciptaan mental anak didik yang berbudi, serta tumbuh suburnya nuansa beragama yang baik ditengah masyarakat.  hal ini ditujukan untuk  meramaikan rumah ibadah, aktifnya remaja mesjit, tentu tidak terlepas dari  upaya serius untuk melibatkan semua pihak atau masyarakat.

Sebagai proses pembentukan kepribadian nilai pesantren ramadhan jika tidak didukung secara proaktif, tidak serius pelaksanannya dan sepenuh hati,  tentu tidak akan banyak berbekas, bahkan cendrung sia-sia belaka jika tidak didukung oleh berbagai elemen masyarakat.

Betapapun tim perumus bekerja keras menyususn silabus, bahan ajar sedemikian rupa,  nara sumber yang bersentuhan langsung penyelenggaraan pesantren ramadhan bekerja dengan sunguh, tanpa memberikan contoh teladan tentu hasil pesantren ramadhan berupa peningkatan kualitas moral, akhlak bagi peserta anak didik tentu masih jauh dari harapan. tukuk barlius.

Selanjutnya Lurah Gunuang Panggilun Andi Ami SH. mengharapkan kepada Pemerintah kota Padang,  untuk pesantren ramadhan tahun 2019 nanti hendaknya Siswa SMA/SMK di padang cukup dilaksanakan di mesjid ,  walaupun SMA/SMK ini keberadaanya berada  di Provisni Sumbar,  hendaknya pesantren ramadhannya dilaksanakan ditempat tinggal masing-masing siswa tersebut, tujuan  untuk mencegah terjadinya tauran antara pelajar, mencegah asmara subuh,  aktifnya kembali remaja mesjid, serta meramaikan mesjid, kata lurah terbaik Kota Padang ini.

Namapak hadir wakil ketua DPRD kota Padang Wahyu Iramana Putera, Forkompinka kecamatan padang Timur dan RT/ RW se keluraha Gunuang Panggilun. (yz)
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.