Kelurahan Purus Bersiap Jadi yang Terbaik Lomba IVA Test Tingkat Sumbar

Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya saat kegiatan sosialisasi persiapan penilaian tersebut di aula kantor Kecamatan Padang Barat
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat bersiap menghadapi penilaian Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) test tingkat provinsi Sumatera Barat di tahun ini. Hal itu disampaikan Lurah Purus, Fajri Rahmad Ersya saat kegiatan sosialisasi persiapan penilaian tersebut di aula kantor Kecamatan Padang Barat, Rabu (2/5).

'’Alhamdulillah, antusias semua pihak terkait cukup tinggi  mendukung Kelurahan Purus yang mewakili Kota Padang dalam Lomba IVA test di tingkat provinsi. Sebagaimana direncanakan penilaian akan dilakukan pada Senin 7 Mei nanti di Kantor Kelurahan Purus. Pada kesempatan itu nantinya Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Barat Ny Damsiar Eri Sendjaya diminta melakukan ekspos terkait perkembangan IVA test di Kelurahan Purus. Kemudian dilanjutkan peninjauan lapangan dari Tim Penilai tingkat Provinsi,” sebut Fajri optimis.

Sementara terkait persiapan yang dilakukan, Fajri mengatakan, semenjak ditetapkannya Kelurahan Purus menjadi yang terbaik di tingkat Kota Padang, pihaknya didukung semua elemen terkait mulai melakukan sosialisasi terkait pentingnya IVA test yang dimotori Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Barat, tenaga-tenaga kesehatan dan pakar-pakar medis serta pihak terkait lainnya.

“Dalam hal ini didukung pihak Puskesmas Padang Pasir bekerja sama dengan seluruh Kader PKK dan Posyandu, Ketua RW dan tokoh masyarakat di Kelurahan Purus,” ucapnya.

Melalui sosialisasi tersebut kata Fajri, warga yang masih bingung dan belum tahu tentang IVA test menjadi tergerak hatinya untuk ikut melaksanakan pemeriksaan IVA test.

“Alhamdulillah upaya ini cukup menghasilkan terlihat dari data Puskesmas Padang Pasir, pasangan usia subur yang berusia 30-50 tahun di Kelurahan Purus terdapat sekitar 823. Sedangkan berdasarkan rencana strategis (renstra) kota atau provinsi, di Kelurahan Purus saat ini sudah melebihi target dimana 50 persen harus tercapai di 2019,” paparnya lagi.

Lebih jauh Fajri menerangkan, ada beberapa indikator dalam penilaian IVA test ini. Antara lain angka jumlah yang memeriksakan IVA test tersebut, lalu partisipasi dari warga dalam hal ini dunia usaha atau tokoh masyarakat dalam menginformasikan dan menyosialisasikan terkait IVA test.

“Sebagaimana manfaat IVA test bagi masyarakat adalah, dengan adanya IVA test atau pemeriksaan IVA ini masyarakat terutama kaum ibu pasangan usia subur yang berumur 30-50 tahun dapat memiliki pengetahuan akan pentingnya IVA test. Sehingga nanti ketika ia diperiksa, ia mengetahui apakah ia terdeteksi atau ada gejala penyakit kanker serviks atau tidak. Dan apabila dinyatakan positif mendapatkan stadium satu atau berapapun, dapat kita tanggulangi sesegera mungkin melalui therapy secara gratis di Puskesmas Padang Pasir,” tukasnya.

Mengingat itu tambah Fajri lagi, atas nama pemerintah kelurahan ia berterima kasih dan bersyukur atas terpilihnya Kelurahan Purus mewakili Kota Padang dalam lomba tersebut.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dari partisipasi dan semangat para kader yang ada terutama kader PKK dan Posyandu kelurahan untuk mengajak warga memeriksakan kesehatan di Posyandu atau Puskesmas. Untuk itu dalam lomba ini, semoga Kelurahan Purus menjadi yang terbaik nantinya,” tandas mantan ajudan Walikota Padang itu mengakhiri. (David)

Teks Foto Ketua TP-PKK Kecamatan Padang Barat, Ny Damsiar Eri Sendjaya sewaktu memberikan sambutan dan arahan di hadapanLurah Purus Fajri Rahmad Ersya dan semua elemen terkait dalam kegiatan sosialisasi persiapan Lomba IVA test tingkat provinsi tahun 2018 di aula kantor Kecamatan Padang Barat, Rabu (2/5).
[blogger]

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.