Sukseskan Pendataan PODES 2018 Lagi, Sosialisasi Berlanjut Ke Kecamatan Pauh

Kasi Statistik Distribusi BPS Kota Padang, Roby sedang menyampaikan sosialisasi pendataan PODES yang akan dilakukan 2-31 Mei di 104 kelurahan se-Kota Padang.
IMPIANNEWS.COM (Padang). 

Mengingat pentingnya pendataan Potensi Desa (PODES) 2-31 Mei 2018 mendatang di 104 Kelurahan se-Kota Padang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang menyikapinya dengan telah melakukan sosialisasi ke masing-masing kecamatan yang diikuti camat beserta lurah. Seperti kali ini ke Kecamatan Pauh, Jumat (27/4). Kepala BPS Kota Padang melalui Kepala Seksi (Kasi) Statistik Distribusi, Roby beserta tim pun disambut antusias Camat Pauh diwakili Plt Sekretaris Camat, Arlis beserta 9 lurah di kecamatan setempat.

Roby mengatakan, secara keseluruhan pendataan PODES ini sebagai pendataan terhadap ketersediaan infrastruktur dan potensi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa atau kelurahan secara nasional di seluruh Indonesia.

“Untuk itu, kita terlebih dahulu melakukan sosialisasi kepada kecamatan dan kelurahan. Sehingga diharapkan terjalinnya kerjasama dan koordinasi yang baik antara BPS dengan camat terutama lurah selaku responden atau sumber data pada pendataan PODES nantinya,” sebut Roby dalam kegiatan yang dilangsungkan di ruangan Kantor Camat Pauh itu.

Pada pendataan PODES tersebut, terang Roby, BPS nantinya akan menghimpun data dan informasi berbagai potensi di setiap kelurahan. Diantaranya terkait potensi sosial, ekonomi, infrastruktur sekaligus sumber daya manusia dan sumber daya alam serta informasi lainnya.

“Data PODES itu nantinya untuk menjadi bahan acuan yang penting bagi perencanaan, implementasi, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah secara umum atau bahkan secara spesifik menurut wilayah kelurahan tertentu. Karena dalam berbagai rencana pembangunan ke depan, diperlukan data potensi desa yang akurat dan lengkap. Untuk dijadikan rujukan salah satunnya dalam hal pemberian dana pembangunan dari pemerintah pusat ke daerah,” terangnya lagi.

Sementara itu, Plt Sekretaris Camat Pauh, Arlis mengimbau seluruh lurah di Kecamatan Pauh mendukung pendataan PODES dengan menyiapkan data atau bahan yang diperlukan dalam pendataan nantinya. Sehingga di dalam pelaksanaannya dapat berlangsung dengan baik dan tercapai sasaran yang diinginkan.

“Karena hasil dari pendataan PODES yang akan dilaksanakan pada 2-31 Mei nanti, juga menyangkut pemberian dana bantuan dari pemerintah pusat. Jika salah dalam memberikan data tentu akan fatal akibatnya bagi pembangunan daerah. Apalagi, dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) dari pemerintah pusat berdasarkan dari hasil pendataan PODES ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Ungkap Arlis, untuk di Kecamatan Pauh bisa dikatakan hampir merata setiap kelurahan membutuhkan pembangunan lebih lanjut.
“Sebenarnya Kecamatan Pauh ini termasuk kecamatan yang letak arahnya ke pinggiran kota. Jadi nampaknya seluruh kelurahan sangat membutuhkan kemajuan pembangunan ke depan. Maka itu marilah kita sukseskan pendataan PODES ini sebagai salah satu bahagian upaya kita terhadap rencana pembangunan Kota Padang khususnya di masing-masing kecamatan dan kelurahan,” tukasnya.

Dalam sosialisasi yang diikuti lurah-lurah se-Kecamatan Pauh itu berlangsung alot yang diisi dengan saling diskusi tanya jawab. Masing-masing lurah saling melihatkan respon, mengingat pentingnya kebutuhan data yang akurat sebagi acuan dalam rencana kegiatan pembangunan dan sebagainya.(th)


[blogger]

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.